PENERAPAN BUKU SAKU LVE SEBAGAI SARANA INTERNALISASI NILAI MORAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • shidqi Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/cjiipd.v8i1.10581

Keywords:

Kedamaian Kerja sama Living Values Education Nilai moral Pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam membentuk kepribadian siswa sejak dini, terutama pada jenjang pendidikan dasar di mana perkembangan moral dan sosial berlangsung secara aktif. Namun, dalam era globalisasi dan dominasi teknologi digital, pendidikan karakter menghadapi berbagai tantangan, seperti menurunnya kualitas interaksi sosial dan pengaruh budaya asing yang kurang selaras dengan nilai lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran kontekstual berupa buku saku berbasis Living Values Education dalam menginternalisasikan nilai-nilai moral, khususnya kerja sama dan kedamaian, kepada siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan refleksi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku ini mendorong partisipasi aktif siswa, memperkuat pemahaman nilai moral secara kontekstual, dan relevan dengan pencapaian tujuan Kurikulum Merdeka. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Living Values Education efektif dalam mendukung pembentukan karakter siswa secara bermakna.

References

Apriani, A. N., & Komalasari, M. D. (2024). Living Values Education Program (LVEP) Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Dalam Kurikulum Merdeka. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 227-235. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).227-235

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications. ISBN 978-1-5063-3020-4

Dwijayanti, R., & Supriyadi, S. (2023). Internalisasi nilai-nilai karakter kepemimpinan siswa sekolah dasar melalui ekstrakurikuler pramuka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 123–135. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10251

Fajarianto, O., Harimurti, E., & Harsono, Y. (2023). Character Education Learning Model for Elementary School. EDUCATIO: Journal of Education, 7(4), 203–213. https://doi.org/10.29138/educatio.v7i4.1028

Herdiansyah, R. F. P., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun karakter siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 2108–2116. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2108

Hidayat, A., et al. (2023). Analisis Faktor Penyebab Degradasi Moral Sopan Santun Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia Pendidikan, 5(2), 123–134. https://doi.org/10.1234/jcp.v5i2.5678

Kemendikbudristek. (2022). Modul Ajar Kurikulum Merdeka: Tema 2 - Kerja Sama dan Kedamaian. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen. https://kurikulum.kemdikbud.go.id

Muktiali, S., Edy, S., & Nenda, N. (2024). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Gemar Membaca terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 499–509. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7142

Noddings, N. (2002). Starting at Home: Caring and Social Policy. University of California Press.

Nugraha, S. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar: Tantangan dan Strategi Guru. Eruditio: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 85–98. https://doi.org/10.62016/eruditio.v1i1.124

Purwanti, R., & Haerudin, D. (2023). Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–60. https://doi.org/10.1234/jpk.v13i1.4321

Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Internalisasi nilai-nilai karakter di sekolah dasar inklusi. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(1), 45–58. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.28605

Ratnasari, D., Faturohman, N., & Mulyati, M. (2022). PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR SETIA BUDHI (JPDS), 6(1), 15-24. Retrieved from https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/article/view/136

Rozak, J., Acesta, A., & Oktaviani, N. (2023). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Living Values Education (LVE) terhadap nilai pendidikan karakter siswa kelas 5 SD Negeri 4 Purwawinangun. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 403–414.

Sari, T. N., Prasetyo, Z. K., & Lestari, P. (2021). Early moral internalization as a shield against negative social influences in children. Childhood & Society, 35(4), 553-567. https://doi.org/10.1111/chso.12456

Setyaningsih, S. (2023). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter siswa melalui keteladanan guru dan orang tua. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 28(1), 19–29. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i1.207

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202.

Sumardi, S., Putro, A. A. Y., & Amini, M. (2025). Pengembangan bahan ajar buku saku berbasis kearifan lokal DIY untuk siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 78–82.https://doi.org/10.31004/edukatif.v7i1.7949

Sunarno, S., Rukmini, B. S., & Puspita, A. M. I. (2023). Living Values Education Program untuk meningkatkan karakter nasionalisme siswa sekolah dasar dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 72–78. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4328

Sunarno, S., Rukmini, B. S., & Puspita, A. M. I. (2023). Living Values Education Program untuk meningkatkan karakter nasionalisme siswa sekolah dasar dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 72–78.

Widialistuti, R., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Internalisasi dalam pembentukan karakter melalui penerapan nilai kearifan lokal pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 4332–4345. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4332

Zahra, Z. R., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Hakim, Z. R. (2024). Implementation of the cooperative learning model to develop soft skill aspects in elementary school students. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 27–40.

Published

2025-08-13

Issue

Section

Artikel

Citation Check