Hebat tapi Tidak Sombong: Menanamkan Nilai LVE di Kelas 5 SD

Authors

  • Allyssa Maheswari Muttaqin Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Rahma Ayu Agistiani Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Fauziah In’ Amillah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Fany Afriliani Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Nadiya Della Tazkiani Rahman
  • Irna Nur isnaini Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/cjiipd.v8i1.10559

Keywords:

Buku Saku, Nilai Kehidupan, Refleksi Diri, Penguatan Karakter, Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku saku Living Values Education (LVE) dalam menanamkan nilai tanggung jawab dan kerendahan hati pada siswa kelas V SD. Pendekatan Mixed Method digunakan untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai proses internalisasi nilai karakter melalui pembelajaran yang kontekstual. Buku saku yang berisi materi nilai kehidupan disusun secara sederhana dan menarik untuk memudahkan siswa dalam memahami dan menghayati nilai-nilai luhur tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku LVE efektif menanamkan nilai moral dan karakter, terbukti dengan peningkatan sikap siswa dalam menyelesaikan tugas, menjaga kebersihan lingkungan, dan bersikap rendah hati dalam interaksi sosial. Selain itu, penggunaan buku saku mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan membaca, menulis, berdiskusi, serta merefleksikan sikap dan perilaku mereka. Media ini terbukti mendukung pembelajaran karakter yang bermakna dan aplikatif..

References

Acetylena, S., & Akhmad Sirojuddin. (2025). Pengembangan Desain Pendidikan Karakter Berbasis Tiga Kecerdasan Manusia. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 103–115. https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1315

Apriani, A., & Sari, I. P. (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (LVEP). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 67. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. ALFABETA.

Lutfiany Sutabri, A., Nur Solawati, D., Aulia Pawestri, L., & Rahmawati, F. P. (2021). Partisipasi Keluarga dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19390

Marlina, Y. A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik: Sebuah Pendekatan dalam Menanggulangi Krisis Moral Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 753–758. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1424

Mustakim, Nuralan, S., & Damayanti, R. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 84 Kota Tengah. Turats, 12(2), 49–64.

Negara, C. P. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER: IMPLEMENTASI DAN KENDALANYA DI SEKOLAH MASTER. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 35. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.7979

Acetylena, S., & Akhmad Sirojuddin. (2025). Pengembangan Desain Pendidikan Karakter Berbasis Tiga Kecerdasan Manusia. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 103–115. https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1315

Apriani, A., & Sari, I. P. (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (LVEP). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 67. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. ALFABETA.

Lutfiany Sutabri, A., Nur Solawati, D., Aulia Pawestri, L., & Rahmawati, F. P. (2021). Partisipasi Keluarga dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19390

Marlina, Y. A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik: Sebuah Pendekatan dalam Menanggulangi Krisis Moral Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 753–758. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1424

Mustakim, Nuralan, S., & Damayanti, R. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 84 Kota Tengah. Turats, 12(2), 49–64.

Negara, C. P. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER: IMPLEMENTASI DAN KENDALANYA DI SEKOLAH MASTER. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 35. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.7979

Nur Safira, M., & Wardan, K. (2024). Model Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Living Values Education (LVE). Rayah Al-Islam, 8(4), 2502–2517. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1222

Nurhabibah, S., Sari, H. P., & Fatimah, S. (2025). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Strategi dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 194–206. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099

Purwanto, S. P., & Romadlon, D. A. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Koorperatif Model TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2946–2955. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7507

Rasyid, R., Fajri, Muh. N., Wihda, K., Ihwan, Muh. Z. M., & Agus, Muh. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Riyani, K. D., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik SD Ditengah Perkembangan Teknologi. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3, 285–292.

Saputri, S., Ardivanto, A., & Rofian, R. (2025). Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(1), 166–173. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2293

Siregar, M. H., & Ulfa, S. W. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH ISLAM TERPADU (IT). Research and Development Journal of Education, 8(1), 230. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12157

Zahroh, F., & Afrianingsih, A. (2024). Strategi Penanaman Moral Agama Melalui Lingkungan Hidup. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2158

Published

2025-08-13

Issue

Section

Artikel

Citation Check