RANCANGAN BAHAN AJAR TEKS CERPEN : ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN BUKU KUMPULAN CERPEN MACAN

Silvyanti Hidayah, Khalimi Romansyah, Tri Pujiatna

Abstract


Pembelajaran sastra memiliki peran bagi pemupukan kecerdasan siswa dalam semua aspek, termasuk moral. Bahasa sangat erat sekali hubungannya dengan sastra. Cerpen (cerita pendek) merupakan salah satu genre sastra. Oleh karena itu, kajian tentang cerita pendek sangat penting dan diperlukan untuk menunjang pembelajaran sastra di sekolah.Penelitian ini menggunakan metode metode kualitatif. Data yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu berupa kutipan kalimat, kata-kata, deskripsi rangkaian peristiwa pengarang tentang struktur dan kebahasaan kumpulan cerpen Macan. Objek yang digunakan dalam penelitian ini berupa struktur dan kebahasaan yang terdapat di dalam kumpulan cerpen “Macan” pilihan Kompas tahun 2020. Berdasarkan hasil analisis struktur dan kebahasaan teks cerpen terdapat 2 cerpen yang tidak memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang lengkap. Rata-rata hasil validasi terhadap modul pembelajaran teks cerpen di SMA sebesar  89,5% yang dikategorikan sangat valid. Dengan demikian, modul teks cerita pendek untuk siswa kelas XI SMA/SMK dan MA dapat digunakan dalam pembelajaran teks cerita pendek.

Keywords


Cerpen; Modul teks cerpen; Analisis Struktur; Kebahasaan Cerpen

References


Annisa, D. A. (2019). Buku Sebagai Bahan Ajar. Sukabumi: CV Jejak.

Daryanto & Dwicahyono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Febriya, D. I. (2019). Struktural Berorientasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 Serta Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 90-101. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/2269

Kusmana & Yatimah. (2018). Kajian Struktural dan Nilai Moral dalam Antologi 20 Cerpen Pilihan Kompas serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Cerita Pendek di SMA. Jurnal Tuturan, 7(1), 822-836. doi:http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i1.1700

Maemuna, F. & Pujiatna. (2022). Media Pembelajaran Teks Cerpen Berbasis Powtoon Sebagai Penunjang Literasi Digital. Prosiding Bina Basa V, 10-15. Retrieved from https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/PBB/article/view/7392

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhayati, E. (2019). Cipta Kreatif Karya Sastra. Bandung: Yrama Widya.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Priyanti & Harsiati. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA kelas XI. Jakarta: Bumi Aksara.

Pulungan, R. (2017). Analisis Struktur Dan Tekstur Cerpen Bensin Di Kepala Bapak Karya Muhammad Subhan Majalah Horison Edisi Februari 2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 35-44. doi:https://doi.org/10.32696/ojs.v2i2.37

Purwati, D. (2016). Realitas Pembelajaran Sastra di Sekolah Masa Kini. Jurnal Pendidikan Mandala (Jupe), 1(1), 233-241. doi:doi:http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.76

Rahayu, L. M. (2021). Memahami Bahasa dan Sastra Indonesia, Melalui Kartu Permainan. Metahumaniora, 11(3), 335-347. doi:https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v11i3.36954

Rozak, A., D.E. Mascita, & T. Pujiatna (2023) Pembelajaran Teks Puisi dengan Menggunakan Media Permainan Edukasi Role Playing Game (RPG) di SMA. 8(2). Doi. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.4098

Setiawati, E. (2017). Kajian Struktur dan Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Kompas 2015 serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesiadan Daerah, 7(2), 132-142. doi:https://doi.org/10.23969/literasi.v7i2.397




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i2.8926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Silvyanti Hidayah, Khalimi Romansyah, Tri Pujiatna
execute(); ?>