BENTUK DAN RAGAM TINDAK TUTUR TAK LANGSUNG DALAM PERCAKAPAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR KABUPATEN CIREBON

Khalimi Romansyah, Tri Pujiatna

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi utama bagi manusia, baik tulis maupun lisan. Efektivitas komunikasi berbahasa sangat dipengaruhi oleh tingkat kemahiran berbahasa dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu penutur dan lawan tutur. Salah satu upaya penutur dalam menjalin kerjasama dengan lawan tutur dalam kegiatan berbahasa lisan yaitu ketepatan penggunaan ragam tindak tutur, termasuk di dalamnya penggunaan ragam tindak tutur langsung dan tindak tutur tak langsung. Pada penelitian ini bertujuan menjelaskan bentuk dan ragam tindak tutur tak langsung bahasa Indonesia yang melibatkan sesama siswa SD di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif, yang sumber datanya yaitu dokumen, peristiwa tutur, dan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Validitas data memakai teknik triangulasi sumber data dan teori. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sepuluh peristiwa tutur yang melibatkan sesama siswa SD di Kabupaten Cirebon yang mengandung tindak tutur tak langsung, terdapat 11 (sebelas ) tindak tutur tak langsung, yaitu terdiri atas 9 ( sembilan ) tindak tutur tak langsung berbentuk kalimat berita dengan ragam literal dan 2 (dua ) tindak tutur tak langsung berbentuk kalimat tanya dengan ragam literal. Adapun tindak tutur tak langsung berbentuk kalimat berita dengan ragam tidak literal dan tindak tutur tak langsung berbentuk kalimat tanya dengan ragam tidak literal, tidak terdapat pada sepuluh peristiwa tutur tersebut di atas.

Keywords


Bentuk dan ragam, tindak tutur tak langsung, siswa SD, Kabupaten Cirebon

References


Ariyadi, A., dkk. (2021) Analisis Tindak Tutur Ilokusi Film Pendek” Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini The Series Eps 01” pada Kanal Youtube Toyota Indonesia. Sarasvati (Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya) 3 (2). https://journal.uwks.ac.id/index.php/sarasvati/article/view/1679

Chaer, A dan Leonie Agutina. (2004). Sosiolunguistik. Jakarta. Rineka Cipta.

Cummings, L. (2005). Pragmatic. A Multidisciplinarry Prespective. New York: Endinburgh University Press.

Djajasudarma, T. Fatimah. (2016). Wacana. Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama.

Nisa, C. & Hadiatin. (2019). Analisis Tindak Tutur Penjual dan Pembeli di Pasar Pabean. PENTAS (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) 5 (2) http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1729

Pande, Ni Kadek N.N, dan I Nyoman Artana. (2020) Kajian Pragmatik Mengenai Tindak Tutur Bahasa Indonesia dalam Unggahan Media Sosial Instagram @halostiki”. ALFABETA (Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) 3 (1) http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/alfabeta/article/view/766

Putrayasa, I.B. (2014) Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Sukmadinata. (2009) Metode Pendekatan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wijana, I Dewa Putu. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Pujiatna, T., Dede E. M. , Yusida G. (2019) Pembinaan Tata Bahasa Indonesia pada Administrasi Surat-menyurat dan Ruang Publik. Jipemas. 2(2). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/2851

Purba. A.(2011) Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Pena. 1(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i1.8714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khalimi Romansyah, Tri Pujiatna
execute(); ?>