MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK YANG MENGGUNAKAN FILM DOKUMENTER UNTUK MENGAJAR TEKS ANEKDOT KEPADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANJAKAN

Penulis

  • Meisfa Ayuningtyas Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Tri Pujiatna Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Nuniek Setya Sukmayani Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v14i1.10889

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Media Film Dokumenter, Teks Anekdot

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan menulis teks anekdot siswa di kelas eksperimen berbeda saat mereka diberi perlakuan (treatment) model pembelajaran berbasis proyek berbantuan film dokumenter. Selain itu, berdasarkan hasil dari tes awal dan tes akhir, penelitian ini juga menentukan seberapa efektif model ini dalam mengajar teks anekdot. Studi ini merupakan penelitian pre-eksperimental yang menggunakan satu kelompok pretest-postest. Metode sampling purposive digunakan untuk memilih 23 siswa kelas X IPA 7 berdasarkan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot memiliki nilai lebih tinggi setelah model pembelajaran berbasis proyek berbantuan film dokumenter diberikan perlakuan. Selain itu, nilai thitung = (4, 364) lebih besar dari nilai ttabel = (2,074), yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan film dokumenter efektif. Perolehan nilai akhir yang lebih tinggi dari nilai awal adalah bukti penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan film dokumenter dalam pembelajaran teks anekdot.

Referensi

Alawiyah Iis & Sopandi Wahyu. “Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar pada Materi Peristiwa Alam”. Jurnal FKIP (2016):87.

Anggraini Putri Dewi & Wulandari Siti Sri. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 09,no. 02 (2021).

Astuti, Yanuarita Widi. “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD”. Jurnal Prima Edukasia 02,no.2 (2014).

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Damayanti, dkk. "Pembelajaran menulis teks anekdot berpendekatan saintifik denganmodel pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada siswa kelas X Tata ecantikan Kulit 1 di SMK Negeri 2 Singaraja."Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 2.1 (2014).

Firmansyah Asep. “Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pembelajaran Menulis Puisi”. Jurnal Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 07, no. 2 (2020): 61.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama