MODEL SINEKTIK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
B, Hamzah., & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bruce Joyce, Marsha Weil, Emil Calhoun, 2016. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deni Darmawan, Dr. 2014. Inovasi Pendidika: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Endang Widi Winarni, Prof.Dr. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kkualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D).Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni
Hamdan Husein Batubara. 2021. Media Pembelajaran Digital.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Komalasari, 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Miftahul Huda, 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhibbin Syah, 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Retno Listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta: Esensi.
Saefuddin, H.A. 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Sawali, dkk. (2016). Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sudarwan Danim, Prof.Dr. 2015. Pengembangan Profesi Guru: dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto Ibnu Badar al-Tabany, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yasnur Asri, 2011. Efektivitas Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Kreatif. Kajian Linguistik dan Sastra, 23 (1), 42-54.
Abdul Razak, Juwanda. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Kelas VII SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), 66-69.
Amintaningsih, 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis KUIK (Kisah, Unsur Intrinsik, Dan Khayalan) Melalui Model Sinektik. Lingua Didaktika, 4 (2).
Arum Yulia Lestari, Agus Nuryatin, 2019. Desain Buku Teks Cerita Inspiratif Bermuatan Karakter Mandiri sebagai Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 (1).
Lastini, Saraswati. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas VII SMP Sandika Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 24-27.
Matius Alfons. (2019). Rata-rata Hasil UNBK 2019 Tingkat SMP Masih di Bawah Standar. diakses 6 Maret 2020, dari https://news.detik.com/berita/d-4568718/rata-rata-hasil-unbk-2019-tingkat-smp-masih-di-bawah-standar
Sapto Haryooko, 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audiovisual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5 (1), 1-10.
Sun Suntini, 2015. Penggunaan Model Sinektik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Pembelajaran Wacana Naratif Siswa Kkelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana Tahun Ajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Sutikno, 2016. Pengembangan Model Sinektik pada Pembelajaran Menulis Puisi Berkonteks Multikultural dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i2.7693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Moch Zyn Fuadi