MODEL SINEKTIK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF
DOI:
https://doi.org/10.33603/jt.v11i2.7693Kata Kunci:
model sinektik, media audiovisual, pembelajaran, teks cerita inspiratif.Abstrak
Referensi
Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
B, Hamzah., & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bruce Joyce, Marsha Weil, Emil Calhoun, 2016. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deni Darmawan, Dr. 2014. Inovasi Pendidika: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Endang Widi Winarni, Prof.Dr. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kkualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D).Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni
Hamdan Husein Batubara. 2021. Media Pembelajaran Digital.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Komalasari, 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Miftahul Huda, 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhibbin Syah, 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Retno Listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta: Esensi.
Saefuddin, H.A. 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Sawali, dkk. (2016). Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sudarwan Danim, Prof.Dr. 2015. Pengembangan Profesi Guru: dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto Ibnu Badar al-Tabany, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yasnur Asri, 2011. Efektivitas Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Kreatif. Kajian Linguistik dan Sastra, 23 (1), 42-54.
Abdul Razak, Juwanda. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Kelas VII SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), 66-69.
Amintaningsih, 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis KUIK (Kisah, Unsur Intrinsik, Dan Khayalan) Melalui Model Sinektik. Lingua Didaktika, 4 (2).
Arum Yulia Lestari, Agus Nuryatin, 2019. Desain Buku Teks Cerita Inspiratif Bermuatan Karakter Mandiri sebagai Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 (1).
Lastini, Saraswati. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas VII SMP Sandika Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 24-27.
Matius Alfons. (2019). Rata-rata Hasil UNBK 2019 Tingkat SMP Masih di Bawah Standar. diakses 6 Maret 2020, dari https://news.detik.com/berita/d-4568718/rata-rata-hasil-unbk-2019-tingkat-smp-masih-di-bawah-standar
Sapto Haryooko, 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audiovisual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5 (1), 1-10.
Sun Suntini, 2015. Penggunaan Model Sinektik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Pembelajaran Wacana Naratif Siswa Kkelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana Tahun Ajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Sutikno, 2016. Pengembangan Model Sinektik pada Pembelajaran Menulis Puisi Berkonteks Multikultural dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.