PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL TEKS CERITA RAKYAT MELALUI KAJIAN ETNOPEDAGOGI

Anisah Sholihah, Yusida Gloriani, Iyay Robia Khaerudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi yang belum maksimal serta materi ajar teks cerita rakyat daerah setempat yang kurang digali. Maka tujuan penelitian ini adalah diperolehnya produk berupa bahan ajar digital teks cerita rakyat melalui kajian etnopedagogi. Bahan ajar tersebut diharapkan mampu memfasilitasi pembelajaran jarak jauh bagi siswa, khususnya pada masa new normal (pasca) Covid-19. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, design (perancangan), development (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Kajian diawali dengan analisis cerita rakyat yaitu unsur intrinsik, struktur dan nilai budaya. Produk yang dihasilkan berupa sebuah bahan ajar berbentuk digital berisi teks, gambar, dan video. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi guru Bahasa Indonesia. Sumber data penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia, siswa kelas VII SMP, teks cerita rakyat Indramayu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, kartu data analisis, lembar angket guru, lembar angket siswa, lembar angket uji validasi tim ahli. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil validasi ahli materi Bahasa Indonesia dengan persentase 89% (sangat valid). Hasil validasi ahli media digital dengan persentase 88% (sangat baik). Implementasi bahan ajar digital teks cerita rakyat melalui kajian etnopedagogi kepada guru Bahasa Indonesia dengan presentase 90,86% (sangat baik). Implementasi bahan ajar kepada siswa kelas VII SMP dengan presentase 90,86% (sangat baik). Secara keseluruhan bahan ajar ini dapat diterima dengan baik oleh guru dan siswa didukung oleh hasil validasi dari para ahli yang menyatakan bahan ajar layak digunakan untuk kegiatan belajar.

Keywords


Bahan Ajar Digital, Teks Cerita Rakyat, Kajian Etnopedagogi

References


Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:Refika Aditama. hlm 263

Alwasilah. 2009. Etnopedagogi: Landasan Praktek Pendidikan Dan Pendidikan Guru.Bandung : Kiblat Buku Utama

Aminudin. 2004. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algenindo.

Barone, Diane M. 2011. Children’s Literature in the Classroom Engaging

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utami Grafiti.

Dasuki, A. 1977. Sejarah Indramayu. Indramayu: Perpustakaan Indramayu

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar: Pemilihan Bahan Ajar.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Emzir, dan Saifur Rohman. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra.Jakarta: Pustaka Widyatama

Gloriani, Yosida. 2013. Kajian Nilai-Nilai Sosial dan Budaya Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Serta Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Multikultural. dalam jurnal LokaBasa Vol. 4, No. 2, Oktober 2013

Hamdani, Acep Reni. 2017. Etnopedagogik Kearifan Lokal Sebagai Landasan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Kartawinata. 2011. Merentas Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2017. Bahasa Indonesia SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Komariah. 2019. Struktur dan Nilai Karakter dalam Cerita Kang Kadang Kura dan Kang Kadang Kera serta Model Pengembangannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra yang Berbasis Pendidikan Karakter. Jombang: Kun Fayakun

Kusmana, Suherli dan Jaja. 2018. Study of Legends and Folklores as Efforts to Develop Instructional Materials in High Schools. Journal Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 306

Kusmana, Suherli. 2012. Merancang Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press

Ridwan, M. 2014. Kurikulum 2013 dan Pendidikan Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan tema Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya, Pascasarjana UNESA Tahun 2014, 102-108.

Rozak, Abdul dan Sobihah Rosyad. 2016. Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Frame publishing

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratno, Tatang. 2010. Memaknai Etnopedagogi sebagai Landasan Pendidikan Guru. Proceedings of the 4th international conference on teacher education. Bandung: UPI Bandung

Taum, Yoseph Yapi. 2011. Studi Sastra Lisan: Sejarah, Teori, Metode dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Yogyakarta: Lamalera

Oktaviani, Ika, dan Yuni Ratnasari. 2018. Etnopedagogi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kependidikan Volume 8 Nomor 2 Tahun 2018. ISSN 2528

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Tarigan. (2014). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahoney, Dawn J. 2018. Lean Learning Using The ADDIE Model. VOL.35 ISSUE. United States Of America.

Borg, Walter R., at all. 2002. Educational Research An Introduction Seventh Edition. United States Of America.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Hidayat, Kosadi, dkk. Kajian Nilai-Nilai Sosiologis Cerita Rakyat Legenda Situ Sangiang dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Sastra Berbasis Kearifan Lokal di SMA. Jurnal Tuturan, Vol. 6, No. 1, Januari 2017: 776 – 784

Fadila, Akhmad. 2020. Struktur dan Nilai-Nilai Cerita Rakyat Kabupaten Cirebon dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Tuturan, Vol. 9, No. 1, Mei 2020

Martha, Nia Ulfa dan Novi Prihandini. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop Volume 5, Nomor 2, November 2019 P-ISSN 2443-1591 E-ISSN 2460-0873

Komariah, Yoyoh. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Kuningan Terintegrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMP. Deiksis - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i1.8711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisah Sholihah, Yusida Gloriani, Iyay Robia Khaerudin