MODEL KONTEKSTUAL BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI CERITA RAKYAT

Renika Apriyani, Yusida Gloriani, Iyay Robia Khaerudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancangan pengembangan model kontekstual berorientasi kearifan lokal pada materi cerita rakyat di SMP, (2) mendeskripsikan implementasi model kontekstual berorientasi kearifan lokal pada materi cerita rakyat di SMP, dan (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran teks cerita rakyat dengan model kontekstual berorieantasi kearifan lokal di SMP. Metode yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan kebutuhan data menggunakan evaluasi berupa tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Rancangan pengembangan model pembelajaran memiliki landasan yang bersifat teoretis dan landasan empiris. Sintaks dari pengembangan model kontekstual yaitu konstruktivisme, inkuiri dengan mengembangkan Study Culture (belajar budaya), bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik, (2) implementasi pengembangan model pembelajaran kontekstual berorientasi kearifan lokal dapat meningkatkan dan menumbuhkan sikap positif yang berasal dari nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat pada cerita rakyat, dan (3) hasil pembelajaran berupa data tes diolah menggunakan statistiK uji-t sebesesar 97,9% artinya pengembangan model pembelajaran kontekstual berorientasi kearifan lokal sangat efektif digunakan dikelas VII SMP.

Keywords


model kontekstual, kearifan lokal, cerita rakyat, Study Culture

References


Anggota IKAPI. 2009. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Bintang Marhaeni & Made Sutama. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Cerita Rakyat Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Baca Pada Siswa Kelas V SD. jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3: 1-10.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Emi Ramdani. 2018. Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10 (1): 1-10.

Erli Yetti. 2011. Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara: Upaya Melestarikan Budaya Bangsa. Jurnal Mabasan 5 (2): 14.

Fitri Wahyuni. 2015. Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). Jurnal Al-Adabiya 10 (2): 231.

Koesoema, D. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Kokom Komalasari. 2021. The Effect Of Contextual Learning in Civic Education on Students Civic Skills. Journal of Educare: Educational Studies 4 (2):179-190.

Maryamti, S. 2012. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Semester 2. Sukoharjo: CV Willian.

Masykur. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA.

Priansa, D.J. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rahyono, F.X. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Romsawaty. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multikultural Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi Kultura 2 (2): 1-20.

Safriadi. 2016. Landasan Filosofis dan Psikologis dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mudarrisuna 6 (1): 55.

Siti Osa Kosassy, dkk. 2018. The Implementation of Contextual Learning Approach in E-learning Based on Weblog Toward Students Learning Achievements. Journal of Counseling and Educational Techlnology 1 (2): 59-64.

Siregar dan Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini. 2009. Kajian Kearifan Lokal Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Yogyakarta: Kanisius.

Sukmadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaefudin. 2009. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Alfabeta.

Syaeful A., Dede E., Iyay Robia. 2021. Pengembangan Buku Nonteks Pelajaran Cerita Rakyat Cirebon Sebagai Supemen Bahan Bacaan Kegiatan Literasi di SMA/SMK. Jurnal Tuturan 10 (1):50-59.

Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Wahono. F. 2005. Pangan, Kearifan Lokal dan Keanekaragaman Hayati. Yogyakarta: Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

Wahyudi, A. 2014. Implementasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Sendang Sari Pajangan. Yogyakarta Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibowo, A & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiawati, Suarni, Rahayu. 2017. Pengaruh Metode Sosiodrama Bermuatan Cerita Rakyat Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha 5 (3): 252-262.

Wika Soviana Devi. 2010. Makna Mitologis Legenda Jaka Poleng. E-journal.undip.ac.id 3 (2): 1-19.

Yamin, M. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Yusida Gloriani. 2013. Kajian Nilai-Nilai Sosial dan Budaya Pada Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Serta Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Multikultural. Jurnal Lokabasa 4 (2) : 195-207.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i1.6348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Renika Apriyani
execute(); ?>