EFEKTIVITAS MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII SMPNEGERI 2 GUNUNG JATI CIREBON

Penulis

  • Aenun Jariyah Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Yusida Gloriani Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Jimat Susilo Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i1.10883

Kata Kunci:

Pembelajaran, Model Picture And Picture, Teks Deskripsi

Abstrak

Kurikulum 2013 untuk bahasa Indonesia berfokus pada teks. Teks deskripsi adalah salah satu teks yang diajarkan kepada siswa di kelas VII SMP. Agar proses pembelajaran teks deskripsi berhasil, model pembelajaran diperlukan. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah gambar dan gambar. Tujuan penggunaan model ini adalah untuk menentukan: (1) Bagaimana siswa berpartisipasi dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan model gambar dan gambar di kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati Cirebon? (2) Bagaimana profil tulisan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gunung Jati Cirebon dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model gambar dan gambar? Dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran gambar dan gambar efektif dalam mengajarkan siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati Cirebon untuk menulis teks deskripsi. Selain itu, kelas VII H digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Metode tes dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan melalui metode tes akan diolah dengan uji t T hitung=29,49 dan T tabel=3,1. Dengan demikian, Ho ditolak, dan Hi diterima. Menurut hasil pengolahan data penelitian ini, model gambar dan gambar dalam pembelajaran menulis teks deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Jati Cirebon efektif.

Referensi

Adelina, C., Nurmalina, N., & Witarsa, R. (2024). Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Menulis Paragraf Teks Deskripsi Siswa SMPN 2 Rupat Utara. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6788-6796.

Alfianto, D. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita. Journal of Education Action Research, 5(1), 33-39.

Azzahra, H., Sugiharti, R. E., & Najwan, M. R. (2025). Analisis Penerapan Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1).

Hasanah, N., Nurwahidah, L. S., & Julianto, C. D. (2023). Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Tarogong Kidul Tahun Pelajaran 2022/2023. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 12(1), 256-261.

Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Deiksis, 9(03), 385-391.

Musyafa, N. F. (2020). Penggunaan model picture and picture dalam pembelajaran menulis cerpen. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 37-46.

Napu, N., Hanafi, H., Bouti, S., Abubakar, I. S., Helidu, P. A., & Mardjo, M. H. K. (2024). Peningkatan Hasil Pembelajaran Descriptive Text Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Picture To Picture Pada Siswa Sekolah di Teluk Tomini. SERAMBI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67-78.

Prasetyo, I. (2021). Meningkatkan kemampuan menulis descriptive text menggunakan metode picture and picture. Journal of Education Action Research, 5(4), 483-488.

Pratama, S. Y., Abdussamad, A., & Sabri, T. (2021). Pengaruh model picture and picture terhadap karangan deskripsi kelas III SD Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(12).

Puspitawati, H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Gamping Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

Putri, N., Mustafa, M. N., & Zulhafizh, Z. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 999-1005.

Rachman, F., Nurfitriani, M., & Nugraha, M. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6), 382-391.

Roka, R., Nurmahanani, I., & Mulyani, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Berbantuan Aplikasi Kahoot Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 1905-1917.

Sholeh, A., Veryliana, V., & Darsimah, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454-459.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>