ANALISIS NILAI MORAL CERITA RAKYAT MALIN KUNDANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERITA RAKYAT DI SMA

Penulis

  • Mar'atun Sholikhah Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Dede Endang Mascita Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Nuning Wahyuningsih Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i1.10879

Kata Kunci:

analisis nilai-nilai moral, teks cerita rakyat, malin kundang

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai etika yang terdapat dalam kisah rakyat Malin Kundang dan untuk menciptakan materi pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas X SMA sesuai dengan kurikulum pada topik cerita rakyat. Ini termasuk 3. 7 yang berfokus pada pengidentifikasian nilai-nilai dan isi di dalam cerita rakyat (hikayat) baik yang lisan maupun tulisan, serta 4. 7 yang berisi tentang menceritakan kembali isi cerita rakyat yang telah didengar atau dibaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menggambarkan fenomena menggunakan kata-kata dan kutipan. Data yang digunakan berasal dari buku cerita rakyat Malin Kundang yang ditulis oleh Yuliadi Soekardi dan Usyahbudin. Temuan dari penelitian ini menunjukkan berbagai nilai moral yang terdapat dalam buku tersebut. Nilai-nilai moral ini mencakup empat aspek dalam hubungan manusia secara etis, yaitu: 1) hubungan moral antara manusia dengan diri sendiri, 2) hubungan moral antara manusia dengan orang lain, 3) hubungan moral antara manusia dengan Tuhan, dan 4) hubungan moral antara manusia dengan lingkungan. Kesimpulan dari kajian ini mengindikasikan bahwa sebagian besar judul kisah rakyat dalam buku ini mengandung tiga aspek nilai moral: hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan orang lain, dan hubungan manusia dengan Tuhan. Nilai-nilai moral yang ada dalam cerita rakyat Malin Kundang mencerminkan prinsip-prinsip etika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan rencana pembelajaran untuk materi teks cerita rakyat bagi siswa kelas X SMA yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup.

Referensi

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. UNISIA, XXXVII(82), 18–80

Muhtadi, A. S. (2016). Pengantar Ilmu Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono, D. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soekardi, Yuliadi, & Syahbudin, U. Malin Kundang. CV PUSTAKA.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2