Analisis QSPM Untuk Peningkatan Pendapatan Petani Kopi Arabika di Kabupaten Aceh Tengah

Penulis

  • Muhammad Yuzan Wardhana
  • Widyawati
  • Dinda Triviana
  • Fairuzzabadi

DOI:

https://doi.org/10.33603/jpa.v6i2.9025

Abstrak

Penelitian untuk strategi peningkatan pendapatan petani kopi arabika di Kabupaten Aceh Tengah ini
menggunakan analisis SWOT dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Evaluasi Faktor
Internal (IFE) dan Evaluasi Faktor Eksternal (EFE) terhadap kemajuan petani kopi di Aceh Tengah.
Selanjutnya merumuskan strategi alternatif utama (QSPM) yang tepat untuk strategi peningkatan
pendapatan petani kopi di Aceh Tengah. Metode pengambilan sampel menggunakan data primer dan
sekunder, data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung, sedangkan data sekunder
diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik) Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh
Tengah serta literatur jurnal dan sumber bacaan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
pendapatan petani arabika di Kabupaten Aceh Tengah terletak pada kuadran I (Strategi Agresif) yaitu
menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang, dengan koordinat (1.8 : 2.0). Sedangkan hasil
analisis QSPM menunjukkan, alternatif strategi utama adalah pemanfaatan benih berkualitas untuk
memaksimalkan produksi arabika.
Kata kunci: Aceh Tengah, Kopi Arabika, QSPM, SWOT.

Referensi

Aprilia, R., Wardhana, M. Y., Baihaqi, A., & Nugroho, A. (2022). Analysis of distribution risk in Arabica coffee supply chain during pandemic in Aceh Tengah District. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 951(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/951/1/012083

Baihaqi, A., Hamid, A. H., Susanti, E., Paga, P. E., Wardhana, M. Y., & Marsudi, E. (2020). Analysis of value added agro industry arabica export coffee processing in Aceh Tengah case study at Oro Coffee Gayo. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 425(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/425/1/012076

Hariance, R., Febriamansyah, R., & Tanjung, F. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KOPI ROBUSTA DI KABUPATEN SOLOK. Jurnal AGRISEP, 15(1), 111–126. https://doi.org/10.31186/jagrisep.15.1.111-126

Ismaya, D., Sulaksana, J., & Marina, I. (2020). ANALISIS PENDAPATAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN CASCARA (Desa Lemahsugih, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat). Paradigma Agribisnis, 3(1). https://doi.org/10.33603/.v3i1.3551

Nopriyandi, R., & Haryadi, H. (2017). Analisis ekspor kopi Indonesia. Jurnal Paradigma Ekonomika, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/paradigma.v12i1.3929

Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 225. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516

Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Wardhana, M. Y., & Baihaqi, A. (2021). Comparative analysis of coffee preference in Jatinangor. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 644(1). Aprilia, R., Wardhana, M. Y., Baihaqi, A., & Nugroho, A. (2022). Analysis of distribution risk in Arabica coffee supply chain during pandemic in Aceh Tengah District. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 951(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/951/1/012083

Baihaqi, A., Hamid, A. H., Susanti, E., Paga, P. E., Wardhana, M. Y., & Marsudi, E. (2020). Analysis of value added agro industry arabica export coffee processing in Aceh Tengah case study at Oro Coffee Gayo. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 425(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/425/1/012076

Hariance, R., Febriamansyah, R., & Tanjung, F. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KOPI ROBUSTA DI KABUPATEN SOLOK. Jurnal AGRISEP, 15(1), 111–126. https://doi.org/10.31186/jagrisep.15.1.111-126

Ismaya, D., Sulaksana, J., & Marina, I. (2020). ANALISIS PENDAPATAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN CASCARA (Desa Lemahsugih, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat). Paradigma Agribisnis, 3(1). https://doi.org/10.33603/.v3i1.3551

Nopriyandi, R., & Haryadi, H. (2017). Analisis ekspor kopi Indonesia. Jurnal Paradigma Ekonomika, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/paradigma.v12i1.3929

Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 225. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516

Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Wardhana, M. Y., & Baihaqi, A. (2021). Comparative analysis of coffee preference in Jatinangor. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 644(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/644/1/012052

Rofi, A. (2018). Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Kopi Menggunakan Analisis Rantai Nilai dan Sumber Penghidupan. Majalah Geografi Indonesia, 32(1), 77. https://doi.org/10.22146/mgi.33424

Wardhana, M. Y., Hakim, L., Afkar, N., Sari, I. M., Bahri, T. S., & Zulkarnain. (2021). Palm sugar production from Palm tree in Gerenggam village environment, Aceh. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 644(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/644/1/012018

Wardhana, M. Y., Makmur, T., & Firnanda, A. (2020). STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI DESA MEUNASAH KEUDE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR. Paradigma Agribisnis, 3(1). https://doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3705

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-30

Citation Check