Identifikasi Kesalahan Siswa SMP dalam Penguasaan Matematika pada Materi Perbandingan

Yanus Paiderowi, Sulistiawati Sulistiawati, Indra Bayu Muktyas

Sari


Penelitian ini didorong oleh masih munculnya kekeliruan-kekeliruan yang dialami siswa ketika mengerjakan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi perbandingan dan untuk mengetahui rata-rata persentase banyaknya siswa yang melakukan kesalahan pada materi perbandingan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa SMP kelas VII-IX dari Kota Tangerang Selatan dan Kota Ambon. Instrumen pada penelitian ini berupa tes pada materi perbandingan yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar materi perbandingan SMP kelas VII. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menghitung persentasi dan kualtitatif untuk melihat makna dari persentase kesalahan. Hasil dari penelitian ini diantaranya, kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesikan soal matemtika pada materi perbandingan adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi, kesalahan prinsip dan kesalahan lainnya. Besarnya persentase kesalahan untuk kesalahan konsep sebesar 39,6% kesalahan operasi sebesar 45,8% kesalahan prinsip sebesar 45,8% dan kesalahan lainnya sebesar 41,7%.Ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kesalahan dalam penguasaan materi perbandingan hampirnya setengahnya, sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan pembelajaran hanya setengahnya yang dapat tercapai.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arista, G. A., Wibawa, K. A. & Payadnya, I. P. A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Perbandingan dan Skala Berdasarkan Empat Langkah Polya di Kelas VII SMP TP 45 Denpasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (5), 214-221.

Armianti, A., Yani, I., Widuri, K., & Sulistiawati, S. (2016). Pengaruh Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Peserta Matrikulasi STKIP Surya. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 74–81.

Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72.

Cahyani, M. D., & Rosyana, T. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas

VII dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan pada Proses Pembelajaran Daring. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 539-546. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.539-546

Fauziah, A. E. & Sugiman, S. (2018). Students’ Error of Mathematics Problem-Solving in Ration and Scale Material. Yogyakarta: Yogyakarta State University.

Hamidah, D., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2017). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 1–10.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95–102.

Lanya, H. (2016). Pemahaman Konsep Perbandingan Siswa SMP Berkemampuan Matematika Rendah. Sigma, 2(1), 19–22.

Nurianti, E., Halini, H., & Ijudin, R. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1-10.

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII.F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 1-10.

Rahmawati, R. (2015). Desain Pembelajaran Perbandingan dengan Menggunakan Kertas Berpetak di Kelas VII. Palembang: PPs Universitas Sriwijaya.

Rosidah, I. D., Nadya, N., Hasanah, U., & Sulistiawati, S. (2019). Analisis Problematika Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Sari, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. JURNAL EQUATION: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 22-33.

Sofianingsih, A., & Kusmanto, B. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kretek. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Ulifa, S. N & Effendy, D. (2014). Hasil Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 123-133.

Yulia, R., Fauzi, F. & Awaluddin, A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika di Kelas V SD N 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 124-131.

Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri. Sigma, 3(1), 12-16.

Tonda, A. F., Suwanti, V. & Murniasih, T. R. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 5(1), 19-24.

Rahmania, L. & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2),165–174. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 106-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7095

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>