EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP MASJID SYAHRUN NUR SIPIROK SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN KONSEP GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v11i2.9420Kata Kunci:
etnomatematika, geometri dan masjidAbstrak
Etnomatematika merupakan matematika yang terdapat dalam budaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika pada Masjid Syahrun Nur Sipirok. Metode penelitian yang digunakan adalah matode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pada masjid Syahrun Nur Sipirok terdapat konsep matematika berupa bangun datar dan bangun ruang yang ditinjau dari arsitektur dan ornamen motif ragam hiasnya yaitu segitiga, persegi, jajar genjang, balok, belah ketupat dan segi enam.
Referensi
Ani, Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13, 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.822
Efendi Lubis, Y., & Azmi. (2022). Studi Bentuk Dan Makna Motif Ragam Hias Angkola Mandailing Di Masjid Agung Syahrun Nur Tapanuli Selatan. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 04(03), 343–357.
https://senirupaunimed.wordpress.com
Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Moh, Z. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(35–40). https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nusardi, K. (2022). Analisis Pengembangan Potensi Wisata Halal Masjid Agung Syahrun Nur Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan Dengan Pendekatan Analytical Network Process. 1–121. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/jeges/article/view/6640
Okti Yolanda, F., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 188–195. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1533
Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat ” untuk Memahami Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 185–193. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405.
Rachnawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(2), 562–573. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p562-573
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma ’ mur sebagai Media d alam Penyampaian Konsep Geometri. Mathema Journal, 5(2), 235–257. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2866/1238
Ulwiyatu, S., & Takhofana, S. I. (2021). Studi Etnomatematika pada Arsitektur Masjid Jami ’ Kranji dalam Pembelajaran Matematika keanekaragaman seni dan budaya . Kekayaan ini merupakan dan budaya seperti tari sintren , kuntulan , syawalan ,. SANTIKA, 136–154.
Wewe, M., & Kau, H. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti ETNOMATIKA BAJAWA : KAJIAN SIMBOL BUDAYA BAJAWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652
Zahroh, U. (2020). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Dengan Memodelkan Motif Batik Gajah Mada. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 1–17. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.1.1-17
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Salbiah Siregar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.