PENGARUH KETERAMPILAN BELAJAR DALAM QUANTUM LEARNING TERHADAP SITUASI LEARNING LOSS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.33603/mffecy61Kata Kunci:
Kata Kunci: Leaning Loss, Motivasi Belajar, Quantum Learning, Leaning Loss, Motivasi Belajar, Quantum LearningAbstrak
Selama masa pandemi Covid-19 telah banyak menyisakan permasalahan dalam kehidupan manusia, termasuk masalah pembelajaran. Situasi learning loss dan penurunan motivasi belajar adalah salah satu masalah yang urgent untuk diselesaikan segera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan keterampilan belajar dalam quantum learning dan situasi leanring loss terhadap motivasi belajar siswa pasca pandemic di SMP egeri 7 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian diambil secara piuposive sampling melalui hasil sebanyak 75 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tentang leaning loss dan motivasi belajar yang diadaptasi dari beberapa teori yang ada. Teknik analisis data dilakukan menggunakan paired sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pelatihan keterampilan belajar dalam quantum learning terhadap situasi learning loss siswa dengan perbandingan rata-rata skor posttes 85,09 < 94,09 pretest pada nilai Asyimp Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh pelatihan keterampilan belajar dalam quantum learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dengan perbandingan skor rata-rata pada posttes 129,92 > 124,11 pretest pada nilai Asyimp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan belajar dalam quantum learning dapat menurunkan learning loss dan meningkatkan motivasi belajar siswa
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Astri Purweni Tanjung, Risydah Fadilah, Amanah Surbakti (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.