PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI
DOI:
https://doi.org/10.33603/942jtj57Kata Kunci:
Etnomatematika, Budaya Lampung, Relasi dan FungsiAbstrak
Etnomatematika merupakan pengajaran matematika yang berkaitan dengan budaya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika, ditemukan bahwa konsep kain tapis dan makanan khas Lampung yang ada di provinsi Lampung telah menggunakan konsep matematika materi Relasi dan Fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan Metode Research and Development atau R&D adalah metode yang dipakai pada penelitian ini, dan dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan yaitu media pembelajaran yang berupa video pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini didasarkan pada uji validitas yang diperoleh melalui analisis dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Adela Shalsabila, Selvi Loviana (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.