MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY: MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33603/z3az0g65Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Pemahaman MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray baik dengan rata-rata persentase selama tiga pertemuan adalah sebesar 78,17%. (2) pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada setiap indikator, nilai gain pada indikator 1 yaitu sebesar 0,88, nilai gain pada indikator 2 yaitu sebesar 0,65, nilai gain pada indikator 3 yaitu sebesar 0,62, nilai gain pada indikator 4 yaitu sebesar 0,68, nilai gain pada indikator 5 yaitu sebesar 0,58, nilai gain pada indikator 6 yaitu sebesar 0,58. (3) pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa secara keseluruhan yaitu dengan nilai gain yang didapat sebesar 0,63. (4) self confidence siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terlihat sudah sangat baik dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat dari sikap positif siswa sangat tinggi terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray yaitu sebesar 80,00%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muchamad Subali Noto, Nia Setiani (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.