HUBUNGAN HABITS OF MIND DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 1 LAWANG

Penulis

  • Faridhatun Nasikah Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Sunismi Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Yayan Eryk Setiawan Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e7hma072

Kata Kunci:

Habits of Mind, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbagai cara dan upaya dilakukan guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil belajar matematika merupakan salah satu indikator yang menentukan kualitas pendidikan matematika. Kebiasaan peserta didik dalam berpikir (Habits of Mind) merupakan kumpulan kecerdasan yang terdiri dari kecerdasan sikap, kecerdasan keterampilan, kecerdasan pengetahuan yang diterapkan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Kepercayaan diri merupakan keyakinan seseorang terhadap dirinya dan kemampuannya untuk sukses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang sesuai dengan tujuan peneliti yaitu Ex post facto. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara habits of mind deng hasil belajar, kepercayaan diri dengan hasil belajar dan hubungan signifikan antara habits of mind dan kepercayaan diri dengan hasil belajar.

Diterbitkan

2024-05-05

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check