PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR

Penulis

  • Alfi Khairi Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Maysarah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v11i2.8992

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XI MIA 2 dan Project Based Learning pada kelas XI MIA 2 pada materi Program Linear. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan The post-test two experimental group design dengan populasi 5 kelas XI MIA berjumlah 179 siswa dan sampel 2 kelas yaitu XI MIA 1 berjumlah 36 siswa dan XI MIA 2 berjumlah 35 siswa dengan instrumen penelitian berupa 2 soal essay mencakup indikator kemampuan literasi numerasi. Didapatkan hasil penelitian tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi Program Linear

Referensi

Abarang, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 1–10.

Andhany, E., & Maysarah, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Literasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3503. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6299

Dewayani, S., & Retnaningdyah, P. (2017). SUARA DARI MARJIN - Literasi sebagai Praktik Sosial.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226

Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(2), 44–62.

Endriani, R., & Rakhmawati, F. (2019). Perbedaaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Sma. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i2.6335

Gal, I. (2020). Numeracy, adult education, and vulnerable adults: a critical view of a neglected field. International Journal on Mathematics Education.

Hamzah B.Uno. (2007). Model Pembelajaran.

Handayani, S., & Wonoboyo, S. D. N. (2020). No Title. 3(4), 1037–1043.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, 4(2), 157–169. https://doi.org/10.62518/cyykw819

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI NUMERASI. Gerakan Literasi Nasional.

Khoiruddin, A., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR AKSI DAN REAKSI GAYA SMK NEGERI 7 SURABAYA Djoko Suwito Abstrak. 11, 38–43.

Lamatenggo, nina. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Pardigma Penelitian, 85–94.

Maysarah, S., Saragih, S., & Napitupulu, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematik Dengan Menggunakan Model Project-Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6627

Mulia Sinta. (2022). Jurnal Phi Penerapan Model Pembelajaran Project Based. 3(3), 24–28.

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241

Panjaitan, S., Sitepu, C., Di, K., Ix, K., & Smp, U. P. T. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI FUNGSI. 6(3), 398–406.

PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN BALITBANG KEMENDIKBUD. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud (Issue 021).

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi Bagaimana trend capaian tersebut ? dan sejauh mana perubahan kurikulum selama ini berdampak pada. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Reflina, R., & Rahma P, F. L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Programme for International Student Assessment (Pisa). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 11. https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.2023.11-20

Rusman, A. (2024). Problem-Based Learning Model in Learning Islamic Religious Education ( Study of Religious Character ) Bosowa Bina Insani Bogor Junior School. 4(1), 18–25.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran : berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.

Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Keterampilan Numerasi Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 55–73.

Wati, G. L., & Syafitri, E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbasis Stem. Jurnal Mathematic Paedagogic, 7(1), 62–71. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2821

Diterbitkan

2024-07-04

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check