PROFESIONALISME (BELIEF DAN ATTITUDE) GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP TECHNOLOGY DALAM PEMBUATAN E-COMIC MATEMATIKA

Penulis

  • Yulyanti Harisman Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Fitrani Dwina
  • Minora Longgom Nasution
  • Hafizatunnisa
  • Pipin Sumarni
  • Hamdani Syaputra

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v10i4.566-574

Kata Kunci:

profesionalisme guru, keyakinan, sikap, teknologi, e-comic matematika

Abstrak

Keyakinan dan sikap guru terhadap teknologi menjadi profesionalisme guru yang diamati pada penelitian ini. Pixton menjadi aplikasi yang digunakan dalam pembuatan e-comic matematika. Penelitian ini merupakan penelitian survei untuk melihat ketertarikan guru terhadap aplikasi pixton dalam pembuatan e-comic matematika. Dua puluh guru matematika Sekolah Menengah Pertama (SMA) dari  8 Sekolah berbeda dipilih sebagai subjek penelitian. Pada awal penelitian guru diberikan pelatihan tentang bembuatan e-comic dengan aplikasi Pixton. Pelatihan dilaksanakan selama empat hari. Saat pelatihan guru direkam, diamati, dan diwawancarai. Diperoleh 97% keyakinan guru terhadap aspek budaya teknologi dalam mebuat e-comic dan 92% kebermanfaatan e-comic bagi siswa. Selain  itu, 95% guru memberikan perhatian yang baik dan 92% memberikan partisipasi yang baik selama pelatihan.

Diterbitkan

2024-05-05

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check