PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Desy Pramita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Maysarah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v11i3.8969

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Kemampuan Literasi dan Kemandirian Belajar

Abstrak

Matematika adalah alat penting bagi siswa saat mereka menghadapi masalah pembelajaran matematika. Model pembelajaran Flipped Classroom adalah salah satu upaya untuk memberi solusi permasalahan yang dapat diterapkan dalam menghadapi permasalahan pendidikan. Tujuan pada penelitian ini untuk memudahkan peserta dik memahami pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan instrumen soal untuk menguji kemampuan literasi matematis dan kemampuan belajar matematis. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas dan homogenitas, serta uji t. Hasil penelitian bahwa nilai thitung (-0,024) < ttabel (1,998) yang menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa Tidak Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Matematis Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu. Maka model Pembelajaran Flipped Classroom bisa dikatakan baik untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika

Referensi

Asoodeh, M. H., Asoodeh, M. B., & Zarepour, M. (2012). The Impact of Student—Centered Learning on Academic Achievement and Social Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 560–564. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.160

Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 37. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359

Bara, M. O., Rambitan, V. M. M., & Boleng, D. T. (2021). Pengembangan Strategi Belajar Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda. 5(1).

Darwanto, D. (2019). HARD SKILLS MATEMATIK SISWA: PENGERTIAN DAN INDIKATORNYA. Eksponen, 9(1), 21–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129

Fikri, S. A. (2019). FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA.

Fitriya, E., Hadiwinarto, H., & Mishbahuddin, A. (2019). PERBEDAAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 2(2), 151–159. https://doi.org/10.33369/consilia.2.2.153-161

Huda, M. N., & Rosyida, I. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning.

Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. JURNAL PETIK, 6(2), 45–50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859

Jaya, I., & Ardat. (2013). PENERAPAN STATISTIK UNTUK PENDIDIKAN.pdf. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). DESKRIPSI KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330

Krisna, I. W. (2020). PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MORO KABUPATEN KARIMUN.

Kusuma, A. B. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan TAI (Team Assisted Individualization) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI DAMPAK COVID-19 DI SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949

Maysarah, S., & Hasanah, R. U. (2023). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DAN ROTATING TRIO EXCHANGE. RELEVAN : Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 32–36.

Maysarah, S., Saragih, S., & Napitupulu, E. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6627

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2081

National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). (2005). Principles and standards for school mathematics (4. print). National Council of Teachers of Mathematics.

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, & Endang Sri Utami. (2017). Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA. https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6667/1/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf

OECD. (2013). OECD Skills Outlook 2013: First Results from the Survey of Adult Skills. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264204256-en

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able.

Pd, M., Adnan, D. G., & Latief, M. A. (2020). PENELITIAN KUANTITATIF, PENELITIAN KUALITATIF, PENELITIAN TINDAKAN KELAS.

Ralmugiz, U., & Kusumawati, M. (2020). EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA.

Rohman, & Syaifudin. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5. https://doi.org/10.32502/jp2m.v5i2.4333

Salmina, M. (2017). ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP KELAS XI SMA INSHAFUDDIN KOTA BANDA ACEH. 4, 37–47.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Schleicher, A. (2021). 45th meeting of the PISA Governing Board.

Schoenfeld, A. H. (1985). Introduction and Overview. In Mathematical Problem Solving (pp. 1–7). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-628870-4.50006-2

Sholihah, U., & Susanti, V. D. (2023). ELICITING ACTIVITIES MODEL ON STUDENTS’ MATHEMATICAL LITERACY ABILITY. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 134. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6608

Simamora, S. M., & Siregar, S. R. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN 060821 MEDAN. 8(2).

Siregar, S. N., Kartini, K., Roza, Y., & Baroqah, L. (2020). Student Worksheets Using the PISA Context for Statistics Topic in Class VIII SMP. Companion Proceedings of the 7th South East Asia Design Research International Conference (SEADRIC 2019), 105–119. https://doi.org/10.24071/seadr.2019.15

Siti Salamah Br Ginting, D. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBASIS BRAIN-GYM. AXIOM Jurnal Pendidikan dan Matematika, VIII, 26–40.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.pdf. Bandung: Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1879&keywords=

Susanti, E. (2016). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE TIMSS MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 53–74. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3631.53-74

Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242

Tanti Jumaisyaroh Siregar, D. (2019). PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. AXIOM Jurnal Pendidikan dan Matematika, VIII, 203–213.

Ulfa, N. F. (2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2014.

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Utami, C., & Nirawati, R. (2018). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MELALUI MODEL PJBL DENGAN PENDEKATAN REALISTIC SAINTIFIC DAN PENGUKURAN BERBASIS PISA. 7(3).

Utari, D. B. D., & Andhany, E. (2022). PERBEDAAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. RELEVAN : Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 25–33.

Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul.

Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped Classroom: Model Pembelajaran untuk Mencapai Kecakapan Abad 21 Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 372. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209

Yulietri, F. (2015). MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN DISCOVERY LEARNING PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. 13.

Zainuddin, Z., & Halili, S. H. (2016). Flipped Classroom Research and Trends from Different Fields of Study. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(3). https://doi.org/10.19173/irrodl.v17i3.2274

Diterbitkan

2024-07-31

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check