DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI BILANGAN CACAH SAMPAI 1000

Penulis

  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Latifah Nur Ahyani Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v11i2.8961

Kata Kunci:

Numeracy Literacy; Whole Number, Elementary Student

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan guna melakukan deskripsi mengenai kemampuan numerasi siswa. Subjek dari penelitian ini yakni siswa kelas IV SD N 4 Karangmalang, Kabupaten Kudus. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini yakni angket, lembar observasi, pedoman wawancara dan tes kemampuan numerasi. Tes kemampuan numerasi pada penelitian ini berbentuk soal cerita meliputi 10 nomor yang berdasarkan 3 indikator kemampuan numerasi. Teknik dalam menganalisis data yang dipakai berdasarkan Miles dan Hiberman yakni teknik reduksi data, tekni penyajian data, serta teknik penarikan kesimpulan. Sementara itu, guna melaksanakan pengujian kevalidan data sehingga dilaksanakan metode triangulasi yakni melakukan perbandingan data hasil wawancara dengan data hasil tes. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan literasi numerasi dengan subjek yang memiliki kemampuan awal tinggi dapat menyatakan indikator sebanyak 3, kemampuan literasi numerasi dengan subjek yang memiliki kemampuan awal sedang dapat menyatakan indikator sebanyak 2, dan kemampuan literasi numerasi dengan subjek yang memiliki kemampuan awal rendah cuma dapat menyatakan indikator sebanyak 1. Kemampuan numerasi memiliki indikator yang terdiri dari 3 indikator yakni dapat mempergunakan bermacam simbol dan angka yang memiliki kaitan dengan matematika dasar guna menyelesaikan masalah di bermacam konteks kehidupan nyata, melaksanakan analisis informasi yang disajikan di bermacam bentuk (diagram, bagan, tabel, grafik, dan lain sebagainya), serta melakukan penafsiran mengenai hasil penyelidikan tersebut guna memperkirakan dan melakukan pengambilan keputusan

Referensi

Ariandi, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. 579–585.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 472–483.

Baharuddin, M. R., Sukmawati, & Christy. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy, 6(2), 90–101.

Baskorowati, H., & Wijayanti, P. (2020). Studi Kasus: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Cerme. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 529–539.

Cahyanti, N. P. V. C. P., Wena, I. M., & Payadnya, I. P. A. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Uraian Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 2599–2600.

Hikmah, M. (2020). Makna Kurikulum dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 458–463.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.

Kemendikbud. (2020). Mendikbud Siapkan Lima Strategi Pembelajaran Holistik. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/.

Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393

Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 441–448.

Muhandis, A. M., & Wiryanto. (2023). Eksplorasi Strategi Guru dalam Membantu Pengetahuan Siswa pada Pembelajaran Numerasi di Madrasah Ibtidaiyah. JPGSD, 11(10), 2183–2192.

Nurhayati, Asrin, & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(2b), 723–731.

OECD. (2019). PISA 2015 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. OECD Publishing.

Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137–140.

Rahmah, N. A., Edy, S., & Khikmiyah, F. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Berdasarkan Perbedaan Jenis Pengetahuan Metakognisi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 101–115.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 351–360.

Setiawan, F., & Sukamto. (2021). The Implementation of Pioneer Teaching Campus (PTC) As A Forerunner of Literacy and Numeracy Learning Movement at Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 339–345.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-04

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check