EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MAKANAN TRADISIONAL MELAYU PESISIR MANDAILING NATAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Nelliani Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Asrul Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v11i2.8959

Kata Kunci:

Etnomatematika, makanan tradisional, geometri

Abstrak

Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan etnografi dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrumen utama. Peneliti berperan aktif dalam pengumpulan data,teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian diperoleh hasil analisis proses pembuatan serta hasil produk terhadap bentuk dari makanan tersebut , diketahui bahwai makanan tradisional melayu pesisir mandailing natal memiliki bentuk bentuk geomoetri berupa bangun datar dan bangun Ruang Ada tiga bentuk geometri yang ditemukan, yaitu tabung, belah ketupat/jajar genjang, dan lingkaran dan konsep perbandingan (rasio) terlihat dari perbandingan hasil produksi berbagai bentuk Alu Padeh dan Panyaram tersebut.

Referensi

Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). StudiEtnomatematika pada Makanan Tradisional Cilacap. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/5980/3690

Harahap, S. A., & Rakhmawati, F. (2022). Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tempe. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1291–1300. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1354

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Imswatama, A., & Setiadi, D. (2017). The Ethnomathematics of Calculating Auspicious Days in Javanese Society as Mathematics Learning. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 7(2), 53–58. https://doi.org/10.46517/seamej.v7i2.53

Kemendikbud. (2018a). Laporan Hasil Ujian Nasional: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Diakses Agustus 12, 2020. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Kemendikbud. (2018b). Pusat Penilaian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Matondang, I. A. (2016). Udan Potir: Simbolik Ekologis Gordang Sambilan Dan Lingkungan Alam. Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 2(1), 27. https://doi.org/10.20473/lakon.v2i1.1915

Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10

Werdiningsih, C. E. (2022). Jurnal PEKA ( Pendidikan Matematika ) Kajian Etnomatematika Pada Makanan Tradisional ( Studi pada Lepet Ketan). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 05(02), 112–121. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1433.Copyright

Wewe, M., Kau, H., Studi, P., & Matematika, P. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti ETNOMATIKA BAJAWA : KAJIAN SIMBOL BUDAYA BAJAWA. Jurnal Ilmiah, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-04

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check