MANIPULATIF BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MEMBANTU PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN WORD PROBLEM KELAS 7 SMP
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v4i2.420Abstrak
Seorang anak belajar hal baru sesuai dengan tahap perkembangannya. Anak dapat belajar menulis setelah kemampuan motorik tercapai. Apabila anak dipaksa untuk mempelajari sebelum mencapai tahap perkembangannya maka tentu saja tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan. Siswa SMP yang menurut Piaget sudah mencapai tahap perkembangan berpikir formal, masih banyak ditemukan yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang abstrak. Siswa harus berjuang agar dapat memahami konsep yang abstrak bahkan untuk konsep yang dasar sekalipun, masih ditemukan siswa yang mengalami hambatan. Demikian juga dalam menyelesaikan word Problem, masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan word problem. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan word problem adalah adalah dengan menggunakan manipulatif, yang membantu siswa memvisualisasikan sebuah relasi antar variabel. Bentuk manipulatif yang digunakan adalah dengan berbantuan software geogebra. Sebagai representatif dari permasalahan dibuat dalam bentuk persegi panjang (Bar). Aplikasi geogebra ini relatif mudah dan bersifat dinamis. Dari tes awal yang dilakukan terhadap siswa kelas 7A ditemukan bahwa tak seorangpun menyelesaikan permasalahan menggunakan aljabar. Siswa yang memahami permasalahan hanya 11,9 %, dan yang menemukan solusi hanya 10,6 %. Seluruh siswa yang menemukan solusi sebagai hasil dari mencoba-coba, tidak menemukannya secara langsung. Sebanyak 83,5 % menganggap aplikasi ini membantu mereka dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan.
Kata kunci: Â Geogebra, Manipulatif, Representasi, Word ProblemÂ
Referensi
Hidayat, N. F., Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Pusat Pengembangan dan Pembmatika, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta
Karnasih, I. , Rumiati (2013). Learning Junior Secondary Mathematics Using Phisical and Virtual Manipulative. Southeast Asian Ministers of Education Organization Seameo Regional Centre for QITEP in Mathematics.
Oakley, L. (2004). Cognitive Development. New York:Routledge Taylor and Francis Group 270 Madison Avenue
Ruseffendi, E. T. (1988). Pengantar Kepada Membantu GuruMengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika utuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.