DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v2i2.361Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis kesulitan-kesulitan yang
dialami siswa dan intervensi-intervensi yang diberikan kepada siswa untuk
menyelesaikan tugas-tugas yang mengundang aktivitas pemecahan masalah siswa pada
tahap pemahaman dan penerapan konsep. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian
ini karena relevan dilihat dari proses awal sampai tersusunnya sebuah bahan ajar baru
yang berhubungan dengan aktivitas pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian di
kelas dapat disimpulkan bahwa : 1) Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam
pemahaman konsep, 2) Intervensi konvergen diberikan pada siswa dari awal
pembelajaran, saat siswa mencari pola pada tabel dan menggeneralisasi konsep.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Aktivitas Pemecahan Masalah
Referensi
Adi. (2010). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar. [Online]. Tersedia
http://adikasimbar.wordpress.com/2010/08/31/pedoman-umum pengembanganbahan-ajar/ [20 Mei 2012]
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar Tingkat SMA, MA, SMALB, SMK dan MAK. Jakarta: Sekretariat
Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosda Karya.
Jupri, Al. (2008). Computational Estimation in Grade Four and Five : Design
Research in Indonesia. Master Student of Freudenthal Institute, Utrecht University,
The Netherlands.
Patton M. Q. (1991). Metode Evaluasi Kualitatif. Bandung: Pustaka Pelajar.
Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi Matematika. [Online]
Tersedia http://p4tkm atematika.org/downloads/sma/pemecahanmasalah.pdf [20
Mei 2012]
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan : edisi kedua. Jakarta: Kencana
Prenada Group
Sabandar, J. (2009). Berpikir Reflektif. [Online]. Tersedia
http://www.bacaanonline.com/berpikir-reflektif [13 Juni 2011].
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim MKPBM. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
IMSTEP-JICA
Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia. (2008) .Kamus Bahasa Indonesia.
Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan
Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi doktor PPS IKIP Bandung: Tidak
Diterbitkan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.