Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer. (Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon)
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v2i1.359Abstrak
Fokus utama penelitian ini adalah mengenai kemampuan pemahaman matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Rendahnya kemampuan ini disinyalir terjadi antara lain karena proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak dengan pembelajaran secara bermakna. Metode pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran bermakna adalah metode discovery dan metode advance organizer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa sebagai akibat dari pembelajaran dengan metode discovery dengan metode advance organizer. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menerapkan dua metode pembelajaran yaitu metode discovery dan metode advance organizer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2011/2012, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen 1 yang pembelajarannya menggunakan metode discovery dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen 2 yang pembelajarannya menggunakan metode advance organizer. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan perbandingan persentase hasil respon siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan: 1) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode advance organizer.
Kata Kunci: kemampuan pemahaman matematis, metode advance organizer, metode discovery, dan metode pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.