ANALISIS KESULITAN PERKULIAHAN FISIKA DASAR DAN PROFIL KECERDASAN MAJEMUK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA TINGKAT I FKIP UNSWAGATI CIREBON 2014
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v1i2.348Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil kecerdasan majemuk dan Mengkaji serta menganalisis penyebab kesulitan perkuliahan fisika dasar pada mahasiswa calon guru matematika di FKIP Unswagati Cirebon. Penelitian ini difokuskan pada Pengungkapan deskripsi delapan kecerdasan majemuk. Delapan Kecerdasan majemuk itu adalah kecerdsasan verbal/linguistik, logis matematika, visual/spatial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Disamping itu Penelitian ini juga difokuskan untuk Pengungkapan kesulitan perkuliahan fisika dasar untuk mahasiswa calon guru matematika. Kesulitan yang diungkap berdasarkan hasil Respon Perkuliahan yang berisikan Penyebab tidak menyenangkan perkuliahan, penyebab perkuliahan tidak disukai, deskripsi cara mahasiswa mempersiapkan ujian di perkuliahan fisika dasar dan Profil latar belakang pendidikan mahasiswa calon guru matematika di FKIP Unswagati Cirebon. Hasil identifikasi Kecerdasan majemuk dan kesulitan-kesulitan mahasiswa calon guru matematika dalam perkuliahan fisika dasar di FKIP Unswagati Cirebon menunjukkan bahwa secara umum siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika dasar, metode perkuliahan yang dilakukan belum dapat melatih kecerdasan majemuk yang dimiliki mahasiswa sehingga perlu diadakan program untuk meningkatkan hal tersebut.
Kata Kunci : Kecerdasan Majemuk, Calon Guru matematika, Analisis kesulitan perkuliahan fisika dasar
Referensi
Armstrong, Thomas. 1996 Multiple Intelligences in The Classroom. Virginia :Association for Supervision and Curriculum Development
Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences : The Theory in Practice A Reader. New York : Basic Books.
Guzel, Hatice. 2010. Profiles of university students based on multiple intelligence theory and its effect on their succes in physics lecture. World Applied Science Journal.IDOSI Publication
Kaniawati, Ida. (2010). Peningkatan kemampuan bahsa simbolik dan kemampuan pemodelan matematika calon guru fisika melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Bandung : Universitas pendidikan Indonesia.
Kurniawan, Dede Trie. (2012). Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan website interaktif pada konsep fluida statis untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XI. Bandung. Tesis. UPI.
Lazear, David. 2004.High order Thunking the multiple intelligence way. Zephyr Press. Chicago. USA.
Liliawati, W. (2013). Efektivitas perkuliahan IPBA terintegrasi berbasis kecerdasan majemuk untuk meningkatkan penguasan konsep dan menanamkan karakter diri mahasiswa calon guru SMP pada tema tata surya. Indonesia journal of applied physics Vol 3 no.1 halaman 63.
Osborne, R. Dan Freyberg, P.(1985).Learning in Science.Hong Kong: Heinemannn Publishers.
Rustaman, N. Y. (2002). Pandangan Biologi Terhadap Proses Berpikir dan Implikasinya Dalam Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap Dalam Bidang Pendidikan Biologi. Bandung: UPI.
Rustaman, N. Y. et al. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.