PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ICT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i2.334Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis
siswa kelas VII setelah diberikan pendekatan realistik berbantuan ICT. Dua sekolah dipilih
pada kategori sekolah sedang dan rendah, kemudian secara purposif diambil masing-masing
tiga kelas untuk mendapatkan tiga perlakuan pembelajaran yang berbeda. Hasil penelitian
menunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatan
realistik berbantuan-ICT lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran
realistik (tanpa berbantuan-ICT) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,
ditinjau dari kategori sekolah dan data secara keseluruhan.
Kata Kunci: pendekatan realistik berbantuan-ICT, penalaran matematis
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.