PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMESTOURNAMENTS

Penulis

  • Sri Asnawati Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/e.v3i2.332

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualifikasi kemampuan komunikasi matematis siswa
yang dianggap perlu untuk mencapai kualifikais tinggi karena kemampuan komunikasi
merupakan salah satu standar kemampuan matematis yang harus dikuasai oleh siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Gunung Jati tahun ajaran 2012/2013. Sampel dipilih berdasarkan purposive
sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIF
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikais
matematis siswa. Peningkatan kemampuan komunikasi kelas eksperimen termasuk ke
dalam kualifikasi tinggi sedangkan kelas kontrol berkualifikasi sedang. Sehingga diperoleh
kesimpulan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat
pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournaments lebih baik daripada siswa yang
mendapat pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments, Kemampuan
Komunikasi Matematis.

Unduhan

Diterbitkan

2017-03-26

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check