PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF SISWA SMK DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THREE STEP INTERVIEW
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i2.327Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan penalaran induktif
siswa SMK melalui pembelajaran dengan model kooperatif tipe three step interview.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent conttol
group design, yang melibatkan dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik cluster
random sampling. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas XI pada salah satu SMK di
Kota Bandung. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas XI-A dan siswa kelas XI-B.
Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan jurnal harian. Intrumen tes
berupa soal uraian sesuai dengan indikator dari kemampuan penalaran induktif memiliki
reliabilitas dengan kategori sangat tinggi. Data yang digunakan untuk menganalisis
peningkatan kemampuan penalaran induktif adalah gain ternormalisasi dengan bantuan
software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran
induktif siswa SMK yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe three step
interview lebih tinggi secara signifikan dibandingkan peningkatan penalaran induktif siswa
SMK yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Kemampuan Kemampuan Penalaran Induktif, Model Kooperatif Tipe Three Step
Interview.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.