PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY/DISCOVERY
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324Abstrak
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini, masih rendahnya tingkat kemampuan
berpikir kritis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah pendekatan inquiry/discovery.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery dalam
pembelajaran matematika, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran
matematika dengan penggunaan pendekatan inquiry/discovery. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Control
group pretes-postes. Penelitian dilaksanakan di SMPN 31 Bandung. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 31 Bandung. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai
kelas kontrol yang dipilih secara random kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan
dengan pendekatan inquiry/discovery dan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran
konvensional. Adapun instrumen yang digunakan adalah berupa tes berpikir kritis untuk
melihat kemampuan berpikir kritis yang telah diujicobakan dan angket untuk melihat
respon siswa. Dalam penelitian ini diperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Data
kuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik uji t untuk melihat peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery dalam
pembelajaran matematika. Data kualitatif dianalisis menggunakan skala sikap Likert
untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penggunaan
pendekatan inquiry/discovery. Berdasarkan analisis hasil tes berpikir kritis diperoleh
kesimpulan yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pendekatan
inquiry/discovery.
.
Kata kunci: pendekatan inquiry/discovery, pembelajaran matematika, dan berpikir kritis
siswa
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.