EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v5i2.1332Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas pembelajaran berbasis masalah jika dalam proses penilaiannya digunakan tugas proyek terhadap penalaran matematis siswa. Pembelajaran berbasis masalah diawali dengan mengajukan permasalahan matematis kepada siswa, siswa dituntut untuk menjelaskan masalah, mencari informasi, mempertimbangkan solusi lain dan menyajikan solusi dari permasalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 39,3%, masih ada 60,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah efektif dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Penalaran MatematisÂ
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.