ANALISIS PENGETAHUAN DAN KETERTARIKAN SISWA SMP MENGENAI MATEMATIKAWAN WEIERSTRAS DAN KONTRIBUSINYA DI BIDANG MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v11i4.9444Keywords:
Weierstrass, Matematikawan, Sejarah Matematika SMP, PengintegralanAbstract
Weierstras ialah seorang matematikawan asal Prusia yang terkenal karena kontribusinya dalam pengembangan analisis matematika pada abad ke-19. Ia memberikan banyak kontribusi dalam pengembangan teori lengkap tentang deret fungsi dan merumuskan dasar legitimasi untuk operasi-operasi seperti pengintegralan dan pendiferensialan suku demi suku. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan biografi Weierstras dan menilai sejauh mana tingkat pengetahuan dan minat siswa SMP terkait dengan matematikawan Weierstras dan kontribusinya dalam bidang matematika. Penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan literatur dan studi kasus. Studi kasus difokuskan pada lima siswa SMP, terdiri dari dua siswa perempuan dan tiga siswa laki-laki. Instrumen penelitian melibatkan analisis beberapa jurnal serta wawancara terbuka dengan pertanyaan-pertanyaan terkait matematikawan Weierstras dan kontribusinya dalam matematika. Analisis data dilakukan dengan pendekatan meta-analisis dan tematik. Dari hasil penelitian ini, diperoleh informasi mengenai biografi Weierstrass serta tingkat pengetahuan dan minat siswa SMP terhadap matematikawan Weierstrass dan kontribusinya dalam bidang matematika.
References
Akemann, C. A. (1969). The General Stone-Weierstrass Problem. In JOURNAL OF FUNCTIONAL ANALYSIS (Vol. 4).
Alya, A., & Harisman, Y. (2024). Analisis Pemahaman Siswa SMP Terhadap Perkembangan Filsafat Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 329. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.13257
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632
Armiati, A., Subhan, M., Nasution, M. L., Aziz, S. Al, Rani, M. M., Rifandi, R., & Harisman, Y. (2020). Profesionalisme Guru dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skills. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 75. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2587
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Azizah, T., Fauzan, A., & Harisman, Y. (2022). “FLIPPED CLASSROOM TYPE PEER INSTRUCTION-BASED LEARNING” BASED ON A WEBSITE TO IMPROVE STUDENT’S PROBLEM SOLVING. Infinity Journal, 11(2), 325–348. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p325-348
Bishop, E. (n.d.). A GENERALIZATION OF THE STONE-WEIERSTRASS THEOREM.
Dewanti. (2024). 35. The Influence of the Problem-Based Learning Model on Students’ Ability to Understand Mathematical Concepts. Rangkiang Mathematics Journal.
Dwita EM. (2024). 33. A Literature Study of Mathematical Anxiety Against Mathematics Learning and Explore the Student Mathematical Anxiety. Rangkiang Mathematics Journal.
Dwitifani Hermanto, B., & Susilawati, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.61553/abjme.v1i1.15
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). PEMAHAMAN GEN Z TERHADAP SEJARAH MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126
Fauzan, A., Harisman, Y., & Arini. (2019). Analysis of students’ strategies in solving multiplication problems. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 568–573.
Fauzan, A., Harisman, Y., Yerizon, Suherman, Tasman, F., Nisa, S., Sumarwati, Hafizatunnisa, & Syaputra, H. (2024). REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TO IMPROVE LITERACY AND NUMERACY SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS BASED ON TEACHERS’ EXPERIENCE. Infinity Journal, 13(2), 301–316. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p301-316
Firdaus, C. B., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs ULUL ALBAB. Journal On Education P, 02(01), 191–198.
Firdaus, D. R. (n.d.). PENTINGNYA SEJARAH BAGI GENERASI MUDA.
Gayatri, N. G. (n.d.). PENTINGNYA FILSAFAT DALAM MATEMATIKA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. In Gayatri JOURNAL OF ARTS AND EDUCATION (Vol. 2, Issue 1).
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045
Harisman, Y., & Alya, A. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Sejarah Trigonometri Terhadap Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(1), 85. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13159
Harisman, Y., Amam, A., & Bakar, M. T. (2020). Newman’S Error Analysis Terhadap Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Logika Dan Himpunan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 223. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3681
Harisman, Y., Dwina, F., Nasution, M. L., Amiruddin, M. H., & Syaputra, H. (2023). THE DEVELOPMENT OF PROTON-ELECTRON MATH E-COMIC TO IMPROVE SPECIAL NEEDS STUDENTS’ MATHEMATICAL CONCEPTS UNDERSTANDING. Infinity Journal, 12(2), 359–376. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i2.p359-376
Harisman, Y., Habibah, M., & Harun, L. (n.d.). “MARI MENGENAL SEJARAH” Studi Kasus Calon Guru tentang Matematikawan Apollonius (Vol. 10, Issue 1).
Harisman, Y., Mayani, D. E., Armiati, Syaputra, H., & Amiruddin, M. H. (2023). ANALYSIS OF STUDENT’S ABILITY TO SOLVE MATHEMATICAL LITERACY PROBLEMS IN JUNIOR HIGH SCHOOLS IN THE CITY AREA. Infinity Journal, 12(1), 55–68. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p55-68
Harisman, Y., Noto, M. S., & Hidayat, W. (2021). INVESTIGATION OF STUDENTS’ BEHAVIOR IN MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Infinity Journal, 10(2), 235. https://doi.org/10.22460/infinity.v10i2.p235-258
Harisman, Y., Noto, M. S., Hidayat, W., Habibi, M., & Sovia, A. (2021). Pedagogies and Didactic of Junior High School Teachers on Learning Process on Mathematical Problem Solving. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2), 807–821. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211123
Harisman, Y., & Putri, S. A. (2024). ANALYSIS OF HIGH SCHOOL STUDENT’S KNOWLEDGE OF RECOGNIZING EUCLIDEAN ELEMENTS. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 31–48. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol9no1.2024pp31-48
Hasanah, H. (n.d.). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).
Hidayat, T. (n.d.). PEMBAHASAN STUDI KASUS SEBAGAI BAGIAN METODOLOGI PENELITIAN. https://www.researchgate.net/publication/335227300
I.K.R. Yasa. (2021). INTEGRASI “RAHMAT” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 72–82. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.641
Innah., M. (2024). 37. Difficulty Learning Mathematics Fraction Material at Elementary Schoo. Rangkiang Mathematics Journal.
Karim, A. (2014). SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN (Vol. 2, Issue 1).
Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik Ilham Raharjo, F., & Fita Asri Untari, M. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.
Kristina, O. :, & Permatasari, G. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH (Vol. 17).
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Dikirim: Februari, 3(1), 76–84. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Munawaroh, Q., & Bisri, M. (2020). Jenius: Jurnal of Education Policy and Elementary Education Issues HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Vol. 1, Issue 2).
Musdi, E., As’ari, A. R., Harisman, Y., Syaputra, H., & Hevardani, K. A. (2024). Student’s creative thinking based on study level, learning style, gender, and combination of the three. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(3), 1591–1601. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.27936
Noto, M. S., Harisman, Y., Harun, L., Amam, A., & Maarif, S. (2017). Adult Gesture in Collaborative Mathematics Reasoning in Different Ages. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012048
Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., Winoto, D. Y., Raya, J., Sumedang, B., 21, K. M., & Barat, J. (2020). Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker. ANUVA, 4(2), 169–182.
Pedagogi, J., Pembelajaran, D., Putu, N., Windi, E., Pertiwi, P., Made Suarjana, I., Arini, N. W., Guru, J. P., & Dasar, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. JP2, 2(3).
Pelajaran Matematika Kelas SDN, M. I., & Mukminah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada (Vol. 1, Issue 1). https://unu-ntb.e-journal.id/pacu
Pember, M. (2020). Weierstrass-type representations. Geometriae Dedicata, 204(1), 299–309. https://doi.org/10.1007/s10711-019-00456-y
PENELITIAN SEBELUMNYA. (n.d.).
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (n.d.). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).
Putri, A. P., Harisman, Y., Hidayat, W., & Harun, L. (2022). A Case Study of Prospective Teacher Students’ Views on the Position of Mathematics on Human Civilization. Rangkiang Mathematics Journal, 1(2), 2022.
Putu Parastuti Lestari, N., Made Ardana, I., & Putu Pasek Suryawan, I. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi (Vol. 16, Issue 1).
Rahmayani, W. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Swasta Kelas Tinggi Pada Mata Pelajaran Matematika. 1(3), 55–61. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.216
Rohrlich, D. E. (n.d.). WEIERSTRASS POINTS AND MODULAR FORMS. In ILLINOIS JOURNAL OF MATHEMATICS (Vol. 29).
Rusli, M. (n.d.). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 04 SEMARANG. In Jurnal Mimbar Ilmu (Vol. 23, Issue 3).
Sihombing, S., Ronaldus Silalahi, H., Sitinjak, J. R., Tambunan, H., & Hutauruk, A. (2021). Analisis Minat dan motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran Dalam Jaringan kelas X SMA Kota Medan. In SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied (Vol. 02, Issue 02).
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061
Simanjuntak, J., Isadora Simangunsong, M., & Naibaho, T. (n.d.). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi.
Tsaqila, S., & Astriani, L. (n.d.-a). Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit E-ISSN:2745-6080 ANALISIS MATH ANXIETY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS 5 SISWA SEKOLAH DASAR. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016a). Sejarah Matematika: Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muchamad Subali Noto, Ulfa Ikhwani Amir, Yulyanti Harisman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.