DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET

Tri Nopriana, Siska Firmasari, Tonah Tonah

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis kesulitan-kesulitan yang
dialami siswa dan intervensi-intervensi yang diberikan kepada siswa untuk
menyelesaikan tugas-tugas yang mengundang aktivitas pemecahan masalah siswa pada
tahap pemahaman dan penerapan konsep. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian
ini karena relevan dilihat dari proses awal sampai tersusunnya sebuah bahan ajar baru
yang berhubungan dengan aktivitas pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian di
kelas dapat disimpulkan bahwa : 1) Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam
pemahaman konsep, 2) Intervensi konvergen diberikan pada siswa dari awal
pembelajaran, saat siswa mencari pola pada tabel dan menggeneralisasi konsep.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Aktivitas Pemecahan Masalah

References


Adi. (2010). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar. [Online]. Tersedia

http://adikasimbar.wordpress.com/2010/08/31/pedoman-umum pengembanganbahan-ajar/ [20 Mei 2012]

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Standar Kompetensi dan

Kompetensi Dasar Tingkat SMA, MA, SMALB, SMK dan MAK. Jakarta: Sekretariat

Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosda Karya.

Jupri, Al. (2008). Computational Estimation in Grade Four and Five : Design

Research in Indonesia. Master Student of Freudenthal Institute, Utrecht University,

The Netherlands.

Patton M. Q. (1991). Metode Evaluasi Kualitatif. Bandung: Pustaka Pelajar.

Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi Matematika. [Online]

Tersedia http://p4tkm atematika.org/downloads/sma/pemecahanmasalah.pdf [20

Mei 2012]

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan : edisi kedua. Jakarta: Kencana

Prenada Group

Sabandar, J. (2009). Berpikir Reflektif. [Online]. Tersedia

http://www.bacaanonline.com/berpikir-reflektif [13 Juni 2011].

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim MKPBM. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

IMSTEP-JICA

Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia. (2008) .Kamus Bahasa Indonesia.

Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan

Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi doktor PPS IKIP Bandung: Tidak

Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v2i2.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>