ANALISIS KESULITAN PERKULIAHAN FISIKA DASAR DAN PROFIL KECERDASAN MAJEMUK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA TINGKAT I FKIP UNSWAGATI CIREBON 2014

Dede Tri Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil kecerdasan  majemuk dan Mengkaji serta  menganalisis penyebab kesulitan perkuliahan fisika dasar pada mahasiswa calon guru matematika di FKIP Unswagati Cirebon. Penelitian ini difokuskan pada Pengungkapan deskripsi delapan kecerdasan majemuk. Delapan Kecerdasan majemuk itu adalah  kecerdsasan verbal/linguistik, logis matematika, visual/spatial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Disamping itu Penelitian ini juga difokuskan untuk Pengungkapan  kesulitan perkuliahan fisika dasar untuk mahasiswa calon guru matematika. Kesulitan yang diungkap berdasarkan hasil Respon Perkuliahan yang berisikan Penyebab tidak menyenangkan perkuliahan, penyebab perkuliahan tidak disukai, deskripsi cara mahasiswa mempersiapkan ujian di perkuliahan fisika dasar dan Profil  latar belakang pendidikan mahasiswa calon guru matematika di FKIP Unswagati Cirebon. Hasil identifikasi Kecerdasan majemuk dan kesulitan-kesulitan mahasiswa calon guru matematika dalam perkuliahan fisika dasar di FKIP Unswagati Cirebon menunjukkan bahwa secara umum siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika dasar, metode perkuliahan yang dilakukan belum dapat melatih kecerdasan majemuk yang dimiliki mahasiswa sehingga perlu diadakan program untuk meningkatkan hal tersebut.

Kata Kunci : Kecerdasan Majemuk, Calon Guru matematika, Analisis kesulitan perkuliahan fisika dasar


References


Armstrong, Thomas. 1996 Multiple Intelligences in The Classroom. Virginia :Association for Supervision and Curriculum Development

Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences : The Theory in Practice A Reader. New York : Basic Books.

Guzel, Hatice. 2010. Profiles of university students based on multiple intelligence theory and its effect on their succes in physics lecture. World Applied Science Journal.IDOSI Publication

Kaniawati, Ida. (2010). Peningkatan kemampuan bahsa simbolik dan kemampuan pemodelan matematika calon guru fisika melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Bandung : Universitas pendidikan Indonesia.

Kurniawan, Dede Trie. (2012). Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan website interaktif pada konsep fluida statis untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XI. Bandung. Tesis. UPI.

Lazear, David. 2004.High order Thunking the multiple intelligence way. Zephyr Press. Chicago. USA.

Liliawati, W. (2013). Efektivitas perkuliahan IPBA terintegrasi berbasis kecerdasan majemuk untuk meningkatkan penguasan konsep dan menanamkan karakter diri mahasiswa calon guru SMP pada tema tata surya. Indonesia journal of applied physics Vol 3 no.1 halaman 63.

Osborne, R. Dan Freyberg, P.(1985).Learning in Science.Hong Kong: Heinemannn Publishers.

Rustaman, N. Y. (2002). Pandangan Biologi Terhadap Proses Berpikir dan Implikasinya Dalam Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap Dalam Bidang Pendidikan Biologi. Bandung: UPI.

Rustaman, N. Y. et al. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i2.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>