EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA

Irmawati Liliana Kusuma Dewi, Nandar Sunandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas pembelajaran berbasis masalah jika dalam proses penilaiannya digunakan tugas proyek terhadap penalaran matematis siswa. Pembelajaran berbasis masalah diawali dengan mengajukan permasalahan matematis kepada siswa, siswa dituntut untuk menjelaskan masalah, mencari informasi, mempertimbangkan solusi lain dan menyajikan solusi dari permasalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 39,3%, masih ada 60,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah efektif dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Penalaran Matematis 




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v5i2.1332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>