ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR

Nindy Wahyuni, arie indra gunawan

Sari


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas swadaya Gunung Jati Cirebon yang berjumlah 517 mahasiswa.  Besarnya sampel ditentukan dengan rumus Taro Yamane, teknik  Sampling Insidental dan Sampling Purposive. Hasil perhitungan tersebut diperoleh 84 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan studi kepustakaan dan kuesioner (angket). Uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data, uji linearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi berganda, uji f dan koefisien determinasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh faktor budaya memiliki nilai 1513 yang berarti mahasiswa setuju jika faktor budaya berpengaruh terhadap keputusan pembelian, faktor sosial memiliki nilai 1206 yang berarti mahasiswa ragu-ragu jika faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, faktor pribadi memiliki nilai 1522 yang berarti mahasiswa setuju jika faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan faktor psikologi memiliki nilai 1552 yang berarti mahasiswa setuju jika faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian . Berdasarkan hasil perhitungan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 82,5% dan hasil nilai Fhitung ≥ Ftabel (93,278 ≥ 2,33) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi, berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Kata kunci : faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi, keputusan pembelian.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.304

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.