Petunjuk Penulis
Pedoman Umum dan Layouts
- Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris dengan kerapatan baris 1 spasi, huruf Times New Roman 12, Ukuran kertas A4, margin atas 3 cm, bawah 3 cm, kiri 2,5 cm dan kanan 2,5 cm.
- Panjang naskah minimal 4000 kata dan maksimal 7000 kata atau 10-15 halaman A4 dengan 1 spasi, sudah termasuk bagan, chart/grafik, tabel dan referensi.
- Abstrak ditulis dengan Bahasa Inggris. Panjang Abstrak terdiri dari 150-250 kata, ditulis dengan huruf Times New Roman 10. Abstrak disertai dengan 4 kata kunci.
- Naskah dikirim langsung melalui online submissions Jurnal Edunomic.
- Naskah yang dikirimkan akan dilakan review oleh reviewer setelah melalui proses review oleh redaksi.
- Naskah yang sudah melalui proses review dan disetujui untuk dipublikasikan, akan disunting oleh editor tanpa mengubah subtansi isi dari naskah tersebut.
STRUKTUR ARTIKEL
Terdapat dua jenis artikel yang kami terima dalam Jurnal Edunomic, yaitu Artiekl Hasil Penelitian dan Artikel Hasil Pemikiran dan Kajian Pustaka. Berikut ini strukturnya:
Struktur Artikel Hasil Penelitian
- Judul : Judul diharapkan jelas, efektif dan efisien, maksimal judul terdiri dari 14 kata termasuk kata penguhubung.
- Nama Penulis : Penulis yang dicantumkan tanpa gelar.
- Institusi : Institusi dicantumkan disertai dengan alamat e-mail.
- Abstrak :Panjang abstrak minimal 150 kata dan maksimal 250 kata, disertai kata kunci maksimal 4 kata kunci.
- Pendahuluan : Pendahuluan ditulis tanpa sub judul. Pendahuluan dalam naskah sudah termasuk latar belakang, tujuan penelitian, kerangka teoritis atau kajian pustaka yang mengacu pada beberapa pustaka atau hasil penelitian terbaru.
- Metode Penelitian : Metode Penelitian ditulis tanpa sub judul. Metode penelitian dalam naskah menjelaskan mengenai pendekatan, lokasi penelitian, metode, pupulasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
- Hasil dan Pembahasan : Sub judul dalam hasil dan pembahasan disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil dan pembahasan ditulis secara sistematis. Grafik/Chart, Tabel disesuaikan dengan kebutuhan.
- Kesimpulan: Berbentuk satu paragraf dan fokus menjawab tujuan penelitian, rekomendasi juga masuk pada bagian ini.
- Referensi : Seluruh sumber kutipan yang ada dalam naskah harus masuk ke dalam referensi. Gaya penulisan kutipan mengikuti pedoman dari APA 6.
Struktur Artikel Hasil Pemikiran atau Kajian PustakaÂ
- Judul : Judul diharapkan jelas, efektif dan efisien, maksimal judul terdiri dari 14 kata termasuk kata penguhubung.
- Nama Penulis: Penulis yang dicantumkan tanpa gelar.
- Institusi : Institusi dicantumkan disertai dengan alamat e-mail.
- Abstrak: Panjang abstrak minimal 150 kata dan maksimal 250 kata, disertai kata kunci maksimal 4 kata kunci.
- Pendahuluan : Pendahuluan ditulis dengan sub judul sesuai dengan kebutuhan.
- Pembahasan : Sub judul dalam hasil dan pembahasan disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil dan pembahasan ditulis secara sistematis. Grafik/Chart, Bagan, Tabel diurutkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.
- Kesimpulan: Berbentuk satu paragraf dan fokus menjawab tujuan penelitian, rekomendasi juga masuk pada bagian ini.
- Referensi : Seluruh sumber kutipan yang ada dalam naskah harus masuk ke dalam referensi. Gaya penulisan kutipan mengikuti pedoman dari APA 6.
TATA CARA PENGUTIPAN
Pengutipan dalam penulisan Jurnal Edunomic menggunakan gaya APA 6. Direkomendasikan untuk menggunakan Academic Refencing Tools.
Pengutipan dalam Teks
Pengutipan sumber yang ada naskah wajib mencantumkan nama belakang penulis, tahun dan halaman. Contoh: Mnemonik merupakan strategi-strategi menghafal dan mengasimilasikan informasi (Joyce & Weil, 2009, h. 33) Atau Joyce & Weil (2009, h.33) mengatakan bahwa Mnemonik merupakan strategi-strategi menghafal dan mengasimilasikan informasi.
Pengutipan dalam Referensi
Seluruh kutipan yang ada dalam teks wajib masuk dalam bilbiografi. Dengan format yang merujuk pada APA 6. Berikut ini contoh dari pengutipan yang disarankan.
Sumber berasal dari buku.
Nama Belakang, Insial. (Tahun). Judul Buku.Tempat Publikasi: Penerbit.
Contoh:
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Sumber berasal dari Artikel Jurnal
Nama Belakang, Insial. (Tahun). Judul Artikel Jurnal. Jurnal Penerbit, Volume(Nomor), Halaman.
Contoh:
White, E. (2009). Student perspectives of peer assessment for learning in a public speaking course. Asian EFL Journal, 33(1), 1-36.
Tierney, R., & Simon, M. (2004). What's still wrong with rubrics: focusing on the consistency of performance criteria across scale levels. Practical Assessment, Research & Evaluation, 9(2), 1-10.
Suñol, J. J., Arbat, G., Pujol, J., Feliu, L., Fraguell, R. M., & Planas-Lladó, A. (2016). Peer and self-assessment applied to oral presentations from a multidisciplinary perspective. Assessment & Evaluation in Higher Education, 41(4), 622-637.
Petunjuk Submit Artikel di Jurnal Edunomic: Tutorial Submit