FAKTOR-FAKTOR EKSTERN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Yopi Nisa Febianti, Mohamad Joharudin

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor ekstern pada prestasi belajar mahasiswa agar prestasi belajar mereka mengalami perubahan yang memuaskan, terutama pada mata kuliah Teori Ekonomi Mikro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional terhadap mahasiswa Tingkat II Pendidikan Ekonomi FKIP UNSWAGATI Cirebon Jawa Barat. Data penelitian didapatkan melalui instrumen skala sikap berupa angket yang berjumlah 30 pernyataan mahasiswa terhadap pengaruh keluarga, sekolah, dan masyarakat pada prestasi belajar mereka. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah semua mahasiswa Tingkat II Pendidikan Ekonomi. Mahasiswa dalam 7 kelas sebagai responden dipilih secara random berdasarkan kelas, bukan mahasiswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan angket. Hasil dari penelitian menunjukkan faktor-faktor ekstern memiliki pengaruh yang positif pada prestasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (131,943) dengan tingkat signifikan 0,000, karena probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05 maka, Ha-1 yang menyatakan faktor keluarga, sekolah/kampus, dan masyarakat memiliki pengaruh yang positif pada prestasi belajar mahasiswa dan diterima secara statistik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor keluarga, sekolah (FKIP UNSWAGATI), dan masyarakat memiliki pengaruh yang positif pada prestasi belajar mahasiswa. Diharapkan hasil dari penelitian ini memberikan informasi untuk bahan pertimbangan dan masukan mengenai pentingnya pengaruh faktor-faktor ekstern pada prestasi belajar mahasiswa.

 

Kata Kunci: Faktor-faktor ekstern dalam persepsi mahasiswa, prestasi belajar mahasiswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zaenal. (1991). Evaluasi Instruksional Perencanaan Pendidikan Prinsip-Prinsip Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azwar, Saefudin. (2005). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Febianti, Yopi Nisa. (2008). PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TEKNIK THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEBUTUHAN MANUSIA (Studi Komparatif Penerapan Cooperative Learning Teknik Think-Pair-Share Dengan Pembelajaran Konvensional Di SMA Negeri 1 Kadugede Pada Kelas X Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi, FKIP-Universitas Kuningan. Tidak Diterbitkan.

Hamalik, Oemar. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2002). Metodelogi Penelitian Bisnis (untuk Akuntansi dan Manajemen). Yogyakarta : BPFE.

Juhini. (2011). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS EKONOMI (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMPN 1 Cibingbin Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan). Tesis Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas Kuningan: Tidak Diterbitkan.

Kartawidjaja, Eddy Soewardi. (1987). Pengukuran Dan Hasil Evaluasi Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Koentjaraningrat. (2013). Pengantar Ilmu Antropologi Edisi Revisi 2009. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusnendi. (2008). Model-Model Persamaan Struktural Satu Dan Multigroup Sampel Dengan LISREL. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. (1996). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusyan, A. Tabrani. (1993). Proses Belajar-Mengajar Yang Efektif. Bandung: Bina Budhaya.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, Ulber. (2006). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (1986). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2000). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumitro, dkk. (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Surya, Mohamad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Umar, Husein. (2002). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: PT Grafindo.

Winkel, WS. (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>