PERENCANAAN STRUKTUR ATAS PADA JEMBATAN RANGKA BAJA BENTANG 70 METER MENGGUNAKAN METODE LRFD DI KARANGSAMBUNG BAE, KECAMATAN BAE, KABUPATEN KUDUS

Mochammad Qomaruddin, ST.,MT., IPM., Khotibul Umam, Muhammad Angga Prasetiyo Utomo, Decky Rochmanto

Sari


Pada perencanaan jembatan karangsambung ini direncanakan dengan tipe parker truss, serta mengapilkasikan profil baja IWF dengan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) serta untuk pembebanan jembatan menggunakan RSNI T-02-2005. Hasil analisa lalu lintas di jembatan karangsambung pada jam puncak diperoleh 1906 kend/jam serta diperoleh hasil LHR dengan kala ulang 30 tahun yaitu 2415,5 kend/jam dari hasil tersebut diperoleh lebar jembatan 6 meter dan untuk perencanaan lebar jembatan karangsambung yaitu 9 meter dengan bentang 70 meter. Hasil perencanaan jembatan yaitu pipa sandaran menggunakan diameter 76,3 mm, pelat lantai kendaraan tebal 20 cm menggunakan beton bertulang dengan mutu beton f’c 30 MPa dan menggunakan tulangan pokok D16 – 100 serta tulangan bagi D16 – 250. Lantai trotoar menggunakan beton bertulang dengan tebal 30 cm dan menggunakan mutu beton f’c 30 MPa dengan tulangan pokok D16 – 150 serta tulangan bagi D16-350 , gelagar memanjang menggunakan IWF 400 x 200 x 8 x 13, gelagar melintang IWF 700 x 300 x 13 x 24, gelagar induk IWF 400 x 400 x 13 x 21, ikatan angin atas IWF 250 x 250 x 9 x 14, ikatan angin atas silang dan ikatan angin bawah menggunakan L 200 x 200 x 20.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departement Pekerjaan Umum. (2018). Kriteria Perencanaan Jembatan dan Pembebanan Jembatan. Kriteria Perencanaan Jembatan Dan Pembebanan Jembatan, 1–66.

Destiyanto, R. R. (2019). Analisis Kinerja Lalu Lintas di Jembatan Landak. Jurnal Teknik Sipil Untan, 1–13.

Hidayat, A. T. (2016). Perencanaan Struktur Atas Jembatan Rangka Baja Type (K-truss) Dengan Menggunakan Metode LRFD Di Jembatan Kalilanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. ITN Malang.

Jatoeb, M. A., M, H., & Mutoha, A. (2019). Perencanaan Bangunan Atas Jembatan Rangka Tipe Parker dengan Kontruksi Baja Bentang 60 Meter Desa Bram Itam Raya Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Civronlit Unbari, 4(2), 69. https://doi.org/10.33087/civronlit.v4i2.53

Khoeroni, K. (2021). Perencanaan Struktur Jembatan Rangka Baja Type K-truss Dengan Menggunakan Metode LRFD Di Sungai Sinanggul Kabupaten Jepara. UNISNU Jepara.

Maharani, I. G. A. E. (2021). Perencanaan Struktur Atas Jembatan Rangka Baja Sungai Ihi Kabupaten Barito Selatan. Skripsi. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945, 1–15.

Qomaruddin, M, Rubiatin, Z., Munawaroh, T. H., & ... (2015). Analisa Kerusakan Jembatan Bongpes Desa Gerdu Kabupaten Jepara. Jurnal …, 6(2), 77–81.

Qomaruddin, Mochammad, & Saputro, Y. A. (2016). Analisa Alinyemen Horizontal Pada Tikungan Depan Gardu PLN Ngabul Di Kabupaten Jepara. Jurnal DISPROTEK Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, 7(2), 36–42.

RSNI-T-02-2005. (2005). Standar Pembebanan Jembatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v11i2.8764

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.