Penerapan Strategi Inovasi Terbuka Untuk Customer Engagement Usaha Kecil Menengah Produk Permen Susu Karamel

Hanik Atus Sangadah

Sari


ABSTRAK

UKM merupakan pilar penting perekonomian Indonesia yang perlu terus dikembangkan, salah satunya dengan konsep digital atau proses digitalisasi. UKM yang telah menganut proses digitalisasi terbukti memiliki daya tahan lebih tinggi karena tidak gagap dalam mengubah arah jalan usahanya. Konsep digital dapat mendukung dalam strategi inovasi terbuka melalui keterlibatan konsumen untuk mengembangkan komponen customer relationship pada BMC.  Keterlibatan konsumen perlu diperhatikan karena turut berperan dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi inovasi terbuka yang dapat digunakan oleh unit usaha untuk mengembangkan customer relationship melalui keterlibatan konsumen. Empat dimensi customer engagement dibandingkan antara Mijari Milk dengan merek lain pada platform e-commerce Shopee yaitu; absorption, dedication, vigor, dan interaction. Penilaian kepuasan dilakukan menggunakan metode CSAT dengan menilai respon positif yang diberikan oleh konsumen dibanding dengan jumlah responden. Hasil yang didapatkan bahwa dari 52 responden merek lain didapatkan nilai CSAT sebesar 65%, 61%, 71 % dari segi rasa, harga, dan kualitas produk. Skor kepuasan konsumen untuk produk makanan berkisar 75%-85%. Unit usaha Ciwidey Berkah dapat mengambil ide dari masukan konsumen merek lain sebagai bagian dari strategi inovasi terbuka yaitu menentukan standar resep produknya untuk menjaga konsistensi rasa, dan mulai meningkatkan pelayanan di platform e-commerce. 

Kata kunci: customer engagement, customer relationship, CSAT, inovasi terbuka


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hans, N., & Wijaya, S. (2022). Consumer Satisfaction , Consumer-Brand Identification , and Repurchase Intention. 12(1), 1–10.

Panjaitan, R. (2022). Mediating Role of Customer Engagement: Brand Image Enhancement from Social-Media Marketing. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), 11–21. http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v12i1.971

Rahman, H. (2022). Pengaruh Omnichannel Service Quality dan Customer Relationship Management Terhadap Customer Engagement. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahman, M. R., Oktavianto, M. R., & Paulinus. (2021). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. In Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura.

Saebi, T., & Foss, N. J. (2015). Business models for open innovation: Matching heterogeneous open innovation strategies with business model dimensions. European Management Journal, 33(3), 201–213. https://doi.org/10.1016/j.emj.2014.11.002

Sangadah, H. A., Machfud, M., & Anggraeni, E. (2021). Business Model Development of a Fresh Milk Agro-Industry in Rural Areas. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 18(2), 131–143. https://doi.org/10.17358/jma.18.2.131

Yin, R.K. 2014. Case Study Research Design and Methods. United States of America: SAGE Publications, Inc

Wynarczyk, P., Piperopoulos, P., & McAdam, M. (2013). Open innovation in small and medium-sized enterprises: An overview. International Small Business Journal, 31(3), 240–255. https://doi.org/10.1177/0266242612472214




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v6i1.8127

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>