IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDI KASUS BERBASIS KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

Siti Aisyah, Achmad Faqih

Sari


Model Problem Based Learning (PBL) Merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang menyajikan situasi masalah yang autentik dan bermakna yang dapat memberi kemudahan mahasiswa dalam melakukan penyelidikan melalui kegiatan penemuan. Metode dasar penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa program studi Agribisnis Fakultas Pertanian UGJ semester 2 kelas B dan kelas C yang sedang menempuh mata kuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian dengan jumlah 41 orang mahasiswa. Penelitian dilakukan dari bulan April 2022 sampai dengan  Juli 2022.

Hasil penelitian menunujukkan: (1) Model pembelajaran collaborative dirasa cukup efektif dalam pelaksanaan mata kuliah penyuluhan dan komunikasi pertanian, (2) Kegiatan Lesson Study yang diselenggarakan pada umumnya berjalan lancar, (3) Kegiatan Lesson Study mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap keberlangsungan penyelenggaraan perkuliahan mata kuliah penyuluhan dan komunikasi pertanian, dan (4) Pengembangan karakter yang berhasil dikembangkan dalam mata kuliah kegiatan lesson study ini meliputi kerjasama dan disiplin yang tinggi.

 

Kata Kunci : Studi Kasus, collaborative, Penyuluhan, Komunikasi Pertanian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifuddin dan Beni Ahmad. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Arends, R. I. 2017. Classroom instruction and management. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Fraenkel, Jack and Norman S. Wallen. 2019. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. 2012. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Jacobs, G. M., Lee, G. S, & Ball, J. 2016. Learning Cooperative Learning via Cooperative Learning: A Sourcebook of Lesson Plans for Teacher Education on Cooperative Learning. Singapore: SEAMEO Regional Language Center.

Joubert, 2020. Lesson study in a blended approach to support isolated teachers in teaching with technology.

Patilima Hamid. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta

Prastowo Andi. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Qin, Z., Johnson, D. W., & Johnson, R. T. 2015. Cooperative versus competitive efforts and problem solving. Review of Educational Research. 65(2). 129-143.

Sani A dan Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Zaini dan Hisyam. 2012. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Clay, M. M. (2013). An observation survey of early literacy achievement. Heinemann, 361 Hanover St., Portsmouth.

Fernandez, C., & Yoshida, M. (2017). Lesson study: A Japanese approach to improving mathematics teaching and learning. Routledge.

Lieberman, J. (2019). Reinventing teacher professional norms and identities: The role of lesson study and learning communities. Professional development in education, 35(1).

Lewis, C. C. (2012). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Research for Better Schools.

Ramsden, P. (2013). Learning to teach in higher education. Routledge.

Setiawan, A., Alias, M. B., Abdullah, A. G., & Aryanti, T. (Eds.). (2017). Regionalization and Harmonization in TVET: Proceedings of the 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET 2016), November 15-16, 2016, Bandung, Indonesia. Routledge

.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v5i1.8053

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>