ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEUNTUNGAN USAHATANI SEMANGKA (CITRULLUS VULGARIS) DI KOTA BATAM

Damasia Yosefina Harianja, Rhina Uchyani Fajarningsih, Umi Barokah

Sari


Indonesia memiliki potensi yang cukup besar pada sektor pertanian, terutama subsektor hortikultura. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor- faktor yang berpengaruh terhadap keuntungan usahatani semangka di Kota Batam. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu Kecamatan Galang, Kota Batam yang dipilih secara purposive. Analisis data yang digunakan adalah (1) Biaya usahatani; (2) Penerimaan; (3) Analisis keuntungan; (4) Analisis pengaruh faktor-faktor untuk mengetahui faktor- faktor yang memengaruhi keuntungan usahatani semangka di Kota Batam; (5) Uji asumsi klasik; (6) Pengujian Model. Hasil perhitungan dan analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata rata biaya mengusahakan usahatani semangka sebesar
Rp 87.929.887,3/MT/Ha, rata-rata penerimaannya adalah
Rp 191.729.323,3/MT/Ha dan rata-rata nilai keuntungan sebesar
Rp 103.725.288,7/MT/Ha. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebesar 65,9% keuntungan usahatani semangka dapat dijelaskan oleh variabel bebas dan sisanya sebesar 34,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Uji F menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas yang diamati yaitu umur petani, luas lahan, tingkat pendidikan, biaya benih dan biaya pupuk secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap keuntungan usahatani semangka. Uji t menunjukkan bahwa luas lahan, biaya benih dan biaya pupuk berpengaruh nyata, sedangkan umur petani dan tingkat Pendidikan secara individu tidak berpengaruh nyata terhadap keuntungan usahatani semangka di Kota Batam.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adojutelegen, O.T, Adereti F.O, Makanju T.S, dan Olorunfemi O.D. 2015. Analysis of Factors Affecting Watermelon Production in Ekiti State, Nigeria. Science, Technology, Arts Research Journal. Vol 4(2): 324-329.

Fermadi, Ongki, Fembriarti Erry Prasmatiwi, dan Eka Kasymir. 2015. Analisis Efisiensi Produksi dan Keuntungan Usahatani Jagung di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. JIIA. Vol 3 (1): 107-112

Gupito, Retno Wisti, Irham, dan Lestari Rahayu Waluyati. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Usahatani Sorgum di Kabupaten Gunungkidul. J Agro Ekonomi. Vol 24 (1): 66-75.

Lains, Alfian. 2006. Ekonometrika Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Muhajirin, Damayanti Y., Elmawendri. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Produksi Usahatani Padi Sawah di Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun. Jurnal Sosio Ekonomi Bisnis Vol. 17 (1) : 82-91.

Purnama, I. 2016. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas dan Pendapatan Petani Bayam di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Makassar

Sundari, Mei Tri. 2011. Analisis Biaya dan Pendapatan Usahatani Wortel di Kabupaten Karanganyar. J SEPA. Vol 7 (2): 119-126.

Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zaman, Nur et al. 2020. Ilmu Usahatani. Jakarta: Yayasan Kita

Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v5i1.6761

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>