Analisis Nilai Tambah Aneka Olahan Bubuk Kopi Robusta Berbasis Industri Rumah Tangga (Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam)

fitri lestari, Maryadi Maryadi, Dessy Adriani

Sari


Industri rumah tangga pengolahan biji kopi robusta asli dan biji kopi robusta luwak dapat meningkatkan nilai tambahya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rangkaian kegiatan teknis, pendapatan pengolah, nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan biji kopi robusta juga strategi pengembangan usaha pengolahan bubuk kopi robusta asli dan bubuk kopi robusta luwak di Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam. Data yang terkumpul dianalisis dengan persamaan pendapatan dan analisis nilai tambah metode hayami. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil pendapatan pengolah adalah Rp. 54.442.633,70.- dengan presentase nilai tambah 20,92 %, termasuk dalam rasio nilai tambah sedang untuk kopi robusta asli, untuk pengolah kopi robusta luwak pendapatannya adalah Rp.25.047.175,95.- dengan presentase nilai tambah 44,83 %, artinya termasuk dalam rasio nilai tambah tinggi. Berdasarkan analisis SWOT didapatkan hasil, yaitu :

  1. Strategi SO, yaitu mempertahankan kualitas dan keaslian kopi guna memenuhi standar  gaya hidup modern dan memanfaatkan ketersediaan bahan baku yang ada untuk memenuhi permintaan konsumen.
  2. Strategi ST, yaitu Peningkatan kualitas dan keaslian produk dapat dijadikan senjata untuk mengalahkan pesaing.
  3. Strategi WO yaitu, memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menjaga kualitas produk.
  4. Strategi WT yaitu, Pemanfaatan teknologi yang baik dan tepat.

 

Kata Kunci : Industri Rumah Tangga, Kopi robusta, Pendapatan, Nilai Tambah, Analisis SWOT

 

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Indonesia. (2013). Jumlah Usaha Pertanian Subsektor Perkebunan. (online). http://st2013.bps.go.id/dev2/index.php.

Badan Pusat Statistik Kota Pagaralam. (2016). Statistik Daerah Kota Pagaralam.

Husin, & Lifianthi. (1995). Ekonomi Produksi Pertanian. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. In Diktat Kuliah. Indralaya.

Kamisi, & Haryati, L. (2011). Analisis Usaha Dan Nilai Tambah Agroindustri Kerupuk Singkong.

Raharjo. (2012). Panduan Budidaya Dan Pengolahan Kopi Arabika Dan Robusta. Penebar Swadaya.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyu. (2011). Analisis Distribusi Nilai Tambah Pengolahan Kopi Pada Industri Kecil Kopi Bubuk Sahati. Universitas Andalas Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i2.4951

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>