STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI DESA MEUNASAH KEUDE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Muhammad Yuzan Wardhana, Teuku Makmur, Alga Firnanda

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Meunasah Keude dengan menggunakan metode analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor IFE (2.40) dan EFE (2.42) yang berarti faktor internal dan eksternal masih sangat lemah.  Hal tersebut menunjukkan bahwa belum optimalnya pemanfaatan faktor internal dan eksternal yang ada di kampung nelayan tersebut. Hasil matriks SWOT didapatkan strategi pembaruan yang terbagi dalam 4 strategi utama yaitu (SO, WO, ST, dan WT). Sedangkan hasil analisis QSPM menunjukkan bahwa alternatif strategi utama yaitu strategi WO, dimana strategi tersebut merupakan prioritas yang harus diimplementasikan dalam peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan di Desa Meunasah Keude. Dengan adanya alternatif tersebut diharapkan pemerintah serta stackholder lainnya dapat menjadi pelopor sekaligus penggerak dalam mendukung nelayan meningkatkan kehidupan ekonominya sehingga dapat hidup secara mandiri dan berkembang.

Kata Kunci: Nelayan, Pemberdayaan Ekonomi, SWOT, QSPM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS Aceh. (2016). Bandar Aceh Dalam Angka.

BPS Aceh Besar. (2018). Kecamatan Mesjid Raya Dalam Angka.

David, F. R. (2006). Manajemen strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Mardikanto. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Pemerintah Aceh. (2013). Qanun Aceh no 12.

Tashakkori, A., & Teddlie, C. (2010). Mixed Methodology Mengombinasikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, terj. Budi Puspa Priadi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

T. d. C. T. Abbas, Mixed Methodologi (Mengkombinasikan Pendekatan Kualitas dan Kuantitas), Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.

V. E. d. S. D. Selatan S., "Strategi Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Soma Pajeko di Kecamatan Salibabu Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara," Jurnal Sosek KP, pp. 87-97, 2018.

S. R. S. d. W. Pangestoeti, "Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna," Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, pp. 1-18, 2018.

S. M., "Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara," IPB, Bogor, 2010.

M. Yusuf, "Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Nelayan Berbasis Komunitas Ibu Rumah Tangga Desa Karang Agung," in National Conference on Economic Education, Malang, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>