STRATEGI PEMASARAN TEMPE ALI ONCOM (Kasus di Home Industri Tempe Ali Oncom)

Rizqi Indra Prastyo, I Ketut Sukanata, Dina Dwirayani

Sari


Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui :1) mengidentifikasi faktor utama lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk tempe 2) untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran produk tempe di Home Industri Tempe 3) merekomdasikan prioritas strategi alternatif apa yang dapat diterapkan dalam pemasaran produk tempe di Home Industri Tempe. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September-November 2019, dengan mengunakan metode survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kueisioner sebagai alat pengumpul data. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis SWOT dengan alat bantu analisis matiks IFE, analisis matriks EFE, analisis matriks IE, diagram SWOT, analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pada Home Industri Tempe “Ali Oncom†terdapat faktor lingkungan internal kekuatan utama adalah Produk terjamin mutunya. Sedangkan yang menjadi kelemahan utama adalah Kurangnya kegiatan promosi. Faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang utama adalah Adanya pelanggan baru. Sedangkan yang menjadi ancaman utama adalah Kenaikan harga bahan baku (Kedelai). 2) strategi yang menjadi alternative strategi: a) Meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk, b) Memaksimalkan modal yang ada untuk meningkatkan kegiatan promosi sehingga dapat bersaing dengan usaha yang serupa, c) Meningkatkan pelayanan terhadap konsumen untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik konsumen lain, d) Meningkatkan teknologi dan peralatan yang digunakan pada proses produksi, e) Mempertahankan pangsa pasar dan pelangan, f) Melakukan pelatihan karyawan agar dapat memberikan inovasi dan mengunakan teknologi yang semakin berkembang. 3) Hasil dari analisis QSPM menunjukan bahwa prioritas strategi yang diterapkan dalam pemasaran tempe oleh Home Industri Tempe “Ali Oncom†saat ini adalah meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk dengan nilai total daya tarik (TAS) sebesar 6,013.

Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Tempe, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


David, F. 2004. Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh. PT. Prenhallindo. Jakarta. David, F.S dan David Forest. 2016. Manajemen Strategi : Satu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Edisi 15. Selemba Empat. Jakarta.

David, F.S dan David Forest. 2016. Manajemen Strategi : Satu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Edisi 15. Selemba Empat. Jakarta.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.

Fred R. David, 2009. Manajemen Strategis. Salemba Empat Jakarta.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas. Alih Bahasa, Hendra Teguh.

Penerbit PT. Prenhallindo. Jakarta.

Mangkuprawira, Sjafri, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, cetakan ke2, Ghalia. Indonesia. Rangkuti, Freddy. 2014. Anaalisis SWOT. PT. Gramedia. Jakarta Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Afabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v3i1.3549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##