Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Materi Bilangan

Rista Wiladatul Hidayah, Ummu Sholihah

Sari


Abstrak. Kemampuan Number Sense merupakan kemampuan mengenali bilangan beserta operasinya yang sangat diperlukan untuk membantu siswa belajar matematika. Kemampuan Number Sense setiap siswa berbeda-beda dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pengalaman belajar, serta kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah).  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan Number Sense siswa berdasarkan kemampuan matematika pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dengan cara tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek terpilih yaitu 3 subjek sesuai dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang mampu menilai kewajaran suatu hasil perhitungan, menenetukan karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya. Namun, subjek kemampuan matematika sedang belum mampu menentukan estimasi terdekat pada suatu hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya. Keduanya juga belum mampu menenentukan sifat berurutan dan keteraturan pada sistem bilangan. Sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah hanya mampu menentukan estimasi terdekat pada suatu hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, namun belum memenuhi kemampuan Number Sense yang lain.

Kata Kunci:

Kemampuan Number Sense, Kemampuan Matematika, Bilangan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, R., & Hartoyo, A. (2015). Kemampuan Number Sense Siswa SMP Negeri 5 Pontianak dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(12), 1–12.

Arhumni, W. E., & Iklima, I. (2020). Number Sense Peserta Didik SMK Negeri Penerbangan Aceh. Pedagogik, 7(1), 64–70.

Castronovo, J., & Gö Bel, S. M. (2012). Impact of High Mathematics Education on the Number Sense. PLoS ONE, 7(4), 1-16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0033832

Hidayati, N., Kusaeri, A., & Mahfudy, S. (2021). Profil Number Sense Siswa Berprestasi Pada Materi Pecahan. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, UIN Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Maghfirah, M., & Mahmudi, A. (2018). Number Sense: The Result of Mathematical Experience. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012-141. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012141

Mucti, A., Astuti, D., & Susanti, D. (2020). Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VIII SMPN 8 Tarakan. EDUKASI, 7(37), 37–42.

Murni, A., Sabandar, J., Kusumah, Y. S., & Kartasamita, B. G. (2013). The Enhancement of Junior High School Student’s Skill-Based Metacognitive Learning. Journal on Mathematics Education, 4(2), 194–203.

Murniasih, T. R., Sa’dijah, C., Muksar, M., & Susiswo, S. (2018). Errors in Representation Translation in Solving Problems Related to Number Sense of Pre-Service Math Teachers. Ancosh, 1(1), 393–399. https://doi.org/10.5220/0007421403930399

Nugraha, Y. (2018). Kemampuan Number Sense Mahasiswa Jurusan PGMI. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(1), 13–25.

Nugraha, Y., & Mulhamah, M. (2017). Analisis Kemampuan Number Sense dalam Pemecahan Masalah Matematika. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 54-64. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.315

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2019). Number Sense Siswa pada Materi Bilangan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 1174–1182.

Safitri, A. S., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2017). Kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII pada Materi Bilangan. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 1(1), 270–277.

Setiawan, W., & Sari, V. T. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif. Jurnal Elemen, 4(2), 204. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.511

Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan Berfikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Number Sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.11699

Singh, P. (2008). An Assessment Of Number Sense Among Secondary School Students. Malaysia.

Tonra, W. S. (2016). Pembelajaran Number Sense untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 109–116.

Wahyuni, D. S., & Duryati, D. (2019). Kemampuan Number Sense Siswa SD Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin di Bukittinggi. Jurnal Riset Psikologi, 135(1), 1–11.

Wulandari, N. P., & Triutami, T. W. (2022). Kemampuan Number Sense Siswa SMP Berdasarkan Gender. Griya Journal of Mathematics Educations and Application, 2(1), 526–536.

Yang, D. C., & Wu, W. R. (2010). The Study of Number Sense: Realistic Activities Integrated into Third-Grade Math Classes in Taiwan. Journal of Educational Research, 103(6), 379–392. https://doi.org/10.1080/00220670903383010




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7417

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>