Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Perbedaan Gender

Nor Amalliyah, Nuriana Rachmani Dewi, Dwijanto Dwijanto

Sari


Abstrak. Geometri adalah salah satu bagian dari ilmu matematika yang mempelajari titik yang dapat membentuk garis, garis menjadi bidang yang menyusun bangun datar segi banyak untuk mengkonstruksi sebuah bangun ruang. Proses pembelajaran geometri diharapkan mampu meningkatkan ketelitian, kecermatan, pengetahuan, dan wawasan siswa dalam berpikir ilmiah khususnya pada siswa SMA. Guru perlu mengetahui tahapan berpikir geometri siswa agar dapat menentukan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Oleh karena itu perlu diketahui tahapan berpikir geometri siswa yang ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 6 siswa SMA sebagai subjek yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 3 siwa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes secara  tertulis kepada siswa menggunakan instrumen Van Hiele Geometry Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 siswa yang diteliti tahap berpikir siswa rata-rata berada pada tahap 1 (analisis). Gender berpengaruh terhadap tahap berpikir geometri siswa. Kemampuan berpikir geometri siswa perempuan berada pada level lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki.

Kata Kunci: Tahap Berpikir, Van Hiele, Gender


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, Z., Maidiyah, E., & Hidayat, M. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Siswa berdasarkan Teori van Hiele pada Materi Segiempat Kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 75–82.

Amrina, R., & Karim, K. (2013). Pengaruh Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas VII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 42–51. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v1i1.556

Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616

Asmianti, N., & Hidayah, A. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Karpet Geometri. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(2), 167-176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8367

Elly, A. S., & Mandasari, N. (2018). Analisis Proses Abstraksi Matematika dalam Memahami Konsep dan Prinsip Geometri Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.312

Falupi, D. V., & Widadah, S. (2016). Profil Berpikir Geometris pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 4(1), 1–8.

Indah, M. E. B. (2016). Analisis Proses Pemecahan Masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Noken, 2(1), 28–39. https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.344

Isrok’atun, I., & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Jabar, A., & Noor, F. (2015). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP berdasarkan Teori Van Hiele. JPM IAIN Antasari, 02(2), 19–28.

Lestariyani, S., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. (2014). Identifikasi Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Negeri 2 Ambarawa berdasarkan Teori Van Hiele. Satya Widya, 30(2), 96–103. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p96-103

Lin, C. Y., Luo, F., Lo, J., & Yang, D. (2011). U.S. and Taiwanese Pre-service Teachers Geometry Knowledge and Thinking. International Journal for Mathematics Teaching and Learning 1(1), 29-29.

Mas’adah, A. (2017). Penjenjangan Tingkat Berpikir Geometri Peserta Didik Kelas Viii dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar berdasarkan Teori Van Hiele di Smp Hasanuddin 7 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Semarang: UIN Walisongo.

Muhassanah, N., Sujadi, S., & Riyadi, R. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54–66.

Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri menurut Teori Van Hiele berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare - Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103–116. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.255

Nopriana, T. (2015). Disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran geometri Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 80-94.

Nopriana, T. (2017). Berpikir Geometri Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41-50.

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele berdasarkan Gender pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan, 1(5), 978–983. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6335

Petrus, Z., Karmila, K., & Riady, R. (2017). Deskripsi Kemampuan Geometri Siswa SMP berdasarkan Teori Van Hiele. Pendagogy, 2(1), 145–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30605/pendagogy.v2i1.668

Sugiyarti, S., & Ruslau, M. F. V. (2019). Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri Siswa berdasarkan Fase Belajar Model Van Hiele Menggunakan Bangun Ruang Diemnsi Tiga. Jurnal Magistra, 6(1), 065–073. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1155

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry: Final Report of the Cognitive Development and Achievement in Secondary School Geometry (CDASSG) Project. United State: University Of Chicago.

Utami, M. W., Setiawan, T. B., & Oktavianingtyas, E. (2016). Tingkat Berpikir Geometri Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Jember Materi Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi, 3(2), 43–47. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3529

Van Hiele, G. D. (1957). The Didactic of Geometry in the Lowest Class of Secondary School. English translation of selected writings of Dina van Fliele-Geldof and Pierre M. Van Hiele, 253-262.

Vidiana, H. (2014). Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Walle, A. J. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Wardhani, I. S. (2019). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4550

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>