Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Masalah Logaritma berdasarkan Taksonomi Solo dan Kemandirian Belajar

Fajar Kurnia Awala, Meili Ekawati, Yulhana Faradilla, Wulan Indah Triyani, Firda Nur Arifa, Fadhillah Rahmawati

Sari


Abstrak. Matematika memiliki peranan yang penting dalam memajukan pendidikan. Kemampuan memecahkan masalah dapat mendukung kemajuan tersebut dalam matematika. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa kelas X dalam memecahkan masalah logaritma berdasarkan taksonomi Structure of Observed Learning Outcome (SOLO) yang ditinjau dari aspek kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis kesalahan pada penelitian ini ditinjau dari tiga aspek kesalahan yaitu: (1) Kesalahan Konseptual; (2) Kesalahan Prosedural; dan (3) Kesalahan Teknik. Bentuk pengambilan data yaitu dengan pemberian soal tes tentang logaritma dan pemberian angket kemandirian belajar. Hasil menunjukkan bahwa persentase terbesar yaitu pada tingkat Relational dengan tipe kemandirian cukup mandiri. Dari sampel yang telah diteliti, kemampuan menyelesaikan masalah logaritma perlu ditingkatkan.

Kata Kunci: Analisis kesalahan, Kemandirian Belajar, Taksonomi SOLO.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.

Djamarah, S. B. (2010). Koleksi Buku 2010 Strategi Belajar Mengajar ( Edisi Revisi ) / Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Jakarta: Rineka Cipta.

Etmy, D., & Negara, H. R. P. (2017). Kata Kunci: Pembelajaran Perkalian dengan Aktivitas Permainan, Pendekatan Matematika Realistik di SDN 43 Ampenan. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 2(2), 104–110.

Fadhilatullathifi, Z. N., Ardiyanto, B., Rahayu, D. D., Almukholani, T., Rinayah, I., & Rahmawati, F. (2020). Four-Tier Diagnostic Test Method to Identify Conceptual Understanding in Calculus. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012075

Hadin, Pauji, H. M., & Arifin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Mts Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 657–666.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Sukmana, D. J., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Jaya, A. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Ditinjau dari Taksonomi Solo pada Siswa Kelas VII MTSN 2 Surakarta Tahun 2018/2019.

Khanifah, N. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffodingnya. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, 1(1), 1-10.

Marlyana, V. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Menyelesaikan Soal Aljabar dengan Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Teras. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Maswar. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 97–106.

Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43

Mayasari, & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–89.

Mundia, L. (2012). The Assessment of Math Learning Difficulties in a Primary Grade-4 Child with High Support Needs: Mixed Methods Approach. International Electronic Journal of Elementary Education, 4(2), 347–366.

Ong, Hananta, F. I., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022

Pasandaran, R. F., & Baharuddin, R. M. (2016). Profil Berpikir dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berpandu pada Taksonomi Solo Ditinjau dari Tingkat Efikasi Diri pada Siswa SMP AL-AZHAR Palu. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 86–96.

Puspitasari, N., & Styaningsih, N. (2016). Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksonomi Solo di SMP Negeri 1 Sambi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10

Rahmawati, F., Pamungkas, M. D., Ardiyanto, B., Fadhilatullathifi, Z. N., Gunawan, & Safitri, D. (2020). Identification of Student’s Misconceptions in Chemical Bonding Topic using Four-Tier Diagnostic Test. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 114–124. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042059

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 91–107.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.17509/wapfi.v1i1.4891

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Suhita, R., Sjahruddin, R., & Aunillah. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dalam Matematika (Error Analysis in Solving Mathematics’ Story Problems). 1(2), 37–46.

Sumaryanta, S., Priatna, N., & Sugiman, S. (2019). Mapping of the Result of Mathematics. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543–557.

Thalhah, S. Z., Tohir, M., Nguyen, P. T., Shankar, K., & Rahim, R. (2019). Mathematical Issues in Data Science and Applications for Health Care. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2), 4153-4156. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1599.0982S1119

Widyawati, A., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>