Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gender

Rahmad Prajono, Rahmat Rahmat, Era Maryanti, Salim Salim

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis profil kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VIII SMPN 10 Kendari berdasarkan perbedaan gender. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dilengkapi dengan pendekatan kualitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini adalah hasil wawancara terhadap siswa. Sedangkan data kuantitatifnya diperoleh dari hasil pemberian tes kemampuan penalaran matematis. Data-data ini direduksi dan dianalisis untuk menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) secara umum kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VIII SMPN 10 Kendari dengan kategori sangat rendah, (2) berdasarkan jenis kelamin, kemampuan penalaran matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki, dimana persentase kemampuan penalaran matematis siswa yang berjenis kelamin laki-laki sebesar 47,62% dan persentase kemampuan penalaran matematis pada siswa perempuan sebesar 52,38%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, A. (2016). Profil Penalaran Deduktif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Apotema, 2(1), 8-21.

Amir MZ, Z. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Marwah, 12(1), 14-32. http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125 – 135.

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4639

Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. Humanisma: Journal of Gender Studies, 1(2), 73-85. http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i2.220.

Mata-Pereira, J., & Ponte, J.D. (2017). Enhancing Students’ Mathematical Reasoning In The Classroom: Teacher Actions Facilitating Generalization And Justification. Educational Studies in Mathematics, 96(2), 169-186.

Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Journal On Education, 1(2), 372-381.

OECD. (2016). Programme for Inrenational Student Assessment (PISA) Result form PISA 2015. Country Note.

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana ditingkatkan pada Mahasiswa. Jurnal Euclid, 1(1), 33-46. http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i1.342

Safrida, Ikhsan, M., & Hajidin. (2019). The Implementation of Discovery Learning Model to Improve Students’ Mathematical Reasoning Skill. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 44(2), 19-25.

Salim, & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 9 Kendari. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 594-602.

Salmina, M., & Nisa, S.K. (2018). Kemampuan penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41-48.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15-24.

Siswanti, R.E., & Khabibah, S. (2016). Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 85-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3641

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>